Ratusan Buruh di Kota Depok Berunjuk Rasa Tuntut Transparansi Hak Hak Buruh

Ratusan Buruh di Kota Depok Berunjuk Rasa Tuntut Transparansi Hak Hak Buruh

HarianDepok.com – Berita , Banyaknya pengusaha pengusaha yang mendirikan usahanya di tanah air tanpa mempedulikan nasib dan kesejahteraan karyawannya menjadi salah satu penyebab lambannya pemerataan kesejahteraan di golongan masyarakat menengah kebawah oleh pemerintah.

Baru baru ini, sebanyak 700 buruh di kota Depok berunjuk rasa di depan PT Woody Ariesta yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Depok, Jawa Barat yang menuntut pihak pengelola perusahaan untuk segera membenahi masalah kesejahteraan buruh dan mematuhi aturan aturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Diketahui bahwa dari ratusan buruh yang berunjuk rasa tersebut berasal dari beberapa kelompok yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan SP KEP Kota Depok. Dari tuntutan yang mereka ajukan kepada perusahaan tersebut diantaranya mendesak pihak pengelola perusahaan untuk menghentikan pemecatan secara sepihak dan membayarkan hak hak karyawan yang sampai saat ini masih belum dipenuhi oleh perusahaan.

Setelah lama berorasi di depan PT Woody Arista, ratusan buruh yang berunjuk rasa tersebut bergerak maju menuju ke perusahan PT Triple Ace yang berlokasi di Sawangan, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Mereka berkonvoi dengan menggunakan sepeda motor dan mobil mobil besar. Aksi dari konvoi  tersebut membuat arus lalu lintas di daerah tersebut padat merayap.

Aksi unjuk rasa dan berkonvoi ke perusahaan perusahaan yang dilakukan oleh ratusan buruh ini dimaksudkan juga untuk mengingatkan para pengusaha yang mendirikan usahanya di wilayah kota Depok untuk dapat mematuhi hukum serta memenuhi kewajibannya kepada para pekerja dengan berlandaskan aturan yang berlaku.” Kami mengingatkan kepada perusahaan yang berdiri di kota Depok untuk dapat mematuhi dan memberikan upah serta kesejahteraan yang layak  kepada para pekerja sesuai dengan UMK. Investasi sih boleh boleh saja, namun harus menaati aturan yang berlaku,” ungkap Koordinator Aksi, Wido Pratikno, Kamis (11/06/2015).

Di lain pihak, Kapolsek Sukmajaya, Depok, Kompol Agus Widodo dalam pengawalannya kepada unjuk rasa ratusan buruh ini mengatakan bahwa aksi tersebut selama dalam pengawalannya terbilang kondusif. Meski membuat kemacetan lalu lintas di kedua ruas jalan namun pihaknya masih bisa menanganinya tanpa harus mengalihkan arus lalu lintas.

“Untuk pengawalan terhadap unjuk rasa ini, kami menerjunkan sebanyak 100 personil yang telah dipos poskan di tempat yang sudah kami tentukan. Selama unjuk rasa berlangsung kami terus ikuti dan kami amankan. Meski menimbulkan kemacetan lalu lintas yang cukup parah, kami masih bisa mengendalikannya tanpa adanya pengalihan arus,” ujarnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: