Efek Alkohol Pada Kesehatan Reproduksi Yang Perlu Diketahui

Efek Alkohol Pada Kesehatan Reproduksi Yang Perlu Diketahui

HarianDepok.com – Kesehatan , Masih banyak orang yang tidak mengetahui  pengaruh dari meminum alkohol bagi kesehatan reproduksi. Menurut Montana State University, alkohol bisa mempengaruhi sistem reproduksi pria dengan menyebabkan berkurangnya kadar testosteron. mengonsumsi alkohol dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan penyusutan testis, yang dapat mengakibatkan, impotensi,  infertilitas dan karakteristik seksual sekunder yang berkurang.

Pengaruh lain dari alkohol pada tubuh pria adalah pembesaran dada, payudara, dan pengurangan rambut wajah serta pergeseran distribusi lemak ke daerah perut dan pinggul. Alkohol juga dapat mempengaruhi bagaimana hormon yang dilepaskan dari kelenjar hipotalamus dan hipofisis, yang bisa menyebabkan masalah fungsi reproduksi serta fungsi seksual pria.

Lalu apa pengaruhnya jika pada wanita?

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah dalam sistem reproduksi wanita. West Virginia University menyebutkan bahwa dua efek utama dari meminum alkohol yang berlebihan pada wanita akan mempengaruhi siklus menstruasi normal dan kegagalan ovulasi.  Pengaruh lainnya termasuk peningkatan risiko kanker payudara serta peningkatan risiko menopause dini.

Sedangkan menurut Mayo Clinic, bila seorang wanita meminum alkohol selama trimester pertama kehamilan, dia akan berisiko terkena gangguan jantung dan organ lainnya, sistem saraf pusat serta fitur wajah dari janinnya.  Meminum alkohol yang berlebihan selama tahap kehamilan juga bisa mempengaruhi otak janin.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: