Naga Sepanjang 28 Meter Ini Hanya Dibuat Pakai Jerami

naga-sepanjang-28-meter-ini-hanya-dibuat-pakai-jerami

HarianDepok.com – Berita Unik – Patung naga yang besar biasanya terbuat dari kayu atau bahkan logam. Namun patung naga yang satu ini berbeda. Seorang seniman asal China, Fangze Yu, membuat patung naga hanya menggunakan jerami saja!

Seniman berusia 70 tahun ini menggunakan sekitar 83.600 jerami untuk membuat patung naga sepanjang 29 meter dan seberat 35 kilogram. Untuk membuatnya, Yu menghabiskan waktu sekitar empat bulan bekerja di tempat tinggalnya, di provinsi Jiangxi. Yu menggunakan 10 teknik sulam yang berbeda untuk menghasilkan karya seninya tersebut.

Uniknya, membuat naga menggunakan jerami merupakan karya seni langka yang berasal dari dinasti Ming dan telah dilakukan selama ratusan tahun. Patung naga yang dianggap melambangkan keberuntungan kemudian dibakar di dekat sungai. Dengan begitu, warga percaya bahwa mereka telah mengembalikan sang naga ke tempatnya semula dan itu akan memberkati mereka.

Yu sendiri merupakan seniman yang telah sangat populer di kalangan masyarakat untuk karya-karya seni hebatnya. Sejauh ini dia telah membuat delapan karya besar menggunakan jerami, seperti dilansir oleh Odditycentral.

Karya patung naga terakhirnya dipamerkan di museum kota Jiujiang. Pembuatan patung naga menggunakan jerami juga telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya leluhur di China.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer