Nampak Wajah Bahagia Jokowi Menggendong Gibran Setelah Siraman

Nampak Wajah Bahagia Jokowi Menggendong Gibran Setelah Siraman

foto : detik.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pada hari ini, Rabu (10/06/2015) calon pengantin Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda telah melaksanakan prosesi siraman di kediaman masing-masing. Orang tua kedua mempelai terlebih dulu memasang bleketepe sebelum acaranya dimulai. Di kediaman mempelai pria, Presiden RI, Joko Widodo selaku orang tua Gibran mulai memasang bleketepe sekitar pukul 08.48 WIB. Pemasangan bleketepe sendiri mempunyai makna sebagai penolak bala serta pertanda bahwa hajatan pernikahan akan dimulai.

Usai memasang bleketepe yang terbuat dari anyaman daun kelapa, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan tawuhan yang berupa tandan kelapa, pisang, serta beberapa jenis hasil pertanian lainnya. Lalu dilanjutkan dengan prosesi siraman. Akan tetapi, sebelum prosesi siraman di kediaman Gibran dimulai, pihak dari keluarga calon mempelai pria harus mengambil air siraman dari rumah mempelai wanita. Tiga utusan dari pihak keluarga Gibran yakni Slamet Karyono, Heri Herianto, dan Purboyo tiba di kediaman Selvi sekitar pukul 09.00 WIB.

Kemudian mereka membawa air siraman yang dimasukan ke dalam kendi logam yang diserahkan oleh pihak keluarga Selvi. Air siraman tersebut berasal dari tujuh sumber mata air yang berasal dari Mloyokusuman, Masjid Agung Surakarta, Kraton Kasunanan, Masjid Mangkunegara, Mangkunegaran, air dari rumah Selvi dan air Zamzam. Semua air dari tujuh sumber mata air tersebut dicampur menjadi satu, setelah itu ditambahkan dengan kembang tujuh rupa, yakni kantil, Melati, mawar, pacar air, kenanga, dan lainnya.

Setelah prosesi siraman selesai, sesuai dengan tradisi adat Jawa, ayah dari calon pengantin biasanya akan menggendong atau membopong putra atau putrinya, sebagai lambang kasih sayang terhadap sang anak. Tradisi tersebut juga dilakoni oleh orang nomor satu di Indonesia. Melihat dari foto yang dilansir CNN Indonesia.com, nampak ekspresi bahagia di raut wajah Jokowi saat menggendong putra pertamanya setelah selesai prosesi siraman.

Gibran yang memakai handuk putih dan bawahan kain batik berwarna hijau juga nampak tersenyum bahagia. Usai melaksanakan siraman di kedua kediaman calon pengantin selesai, Gibran dan Selvi masih harus menjalani prosesi adat midodareni yang akan digelar nanti malam. Ketika menggelar jumpa pers setelah selesai siraman di rumahnya, Solo, Rabu (10/06/2015), Selvi mengatakan, “Nanti malam mempelai pria akan datang dengan membawa seserahan,” ucapnya.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: