DPRD Depok Akan Buat Perda Rumah Kos

DPRD Depok Akan Buat Perda Rumah Kos

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita , Badan Legislasif Kota Depok geram dengan ramainya kasus penyalahgunaan rumah kos oleh para penyewanya yang kerap dijadikan tempat mesum maupun menggunakan narkoba. Pasalnya, Pemerintah Kota Depok belum pernah mengajukan adanya payung hukum untuk mengatur rumah kos. Imbasnya banyak pelanggaran izin rumah tinggal menjadi rumah kos yang bertebaran sehingga kasus mesum dan penggunaan narkoba terus terjadi.

Sri Utami selaku Anggota Badan Legislasif, DPRD Kota Depok menyebutkan, wacana pembentukan peraturan daerah (Perda) tekait rumah kos bakal mereka gulirkan. Pasalnya, hingga sekarang aturan penyewaan rumah tinggal dengan harga terjangkau itu cuma sebatas izin mendirikan bangunan (IMB) semata. Sehingga, pelanggaran izin rumah tinggal dari masyarakat menjadi rumah kos semakin ramai terjadi.

”Perda yang ada baru sebatas kewajiban membayar pajak dan kewajiban mempunyai IMB. Nah aturan rumah kos ini yang belum ada, sehingga banyak yang tidak pahan dan sengaja memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis,” ujar Sri. Menanggapi hal tersebut, Yulistiani Mochtar selaku Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Depok, mengatakan hingga sekarang pemkot belum mempunyai aturan pendirian rumah kos.

Sehingga, pihaknya Cuma bisa memberikan IMB sebagai dasar pembangunan izin rumah kos. “Butuh konsultasi seperti apa bunyi dan aturan yang akan kami buat. Kemungkinan dalam waktu dekat perda ini akan kami bahas bersama untuk mencegah prostitusi dan penggunaan narkoban” ungkapnya. Ia menambahkan, untuk membuat perda rumah kos tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas yang bersangkutan. Seperti, Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, Dinas Perindustrian dan Satpol PP hingga Perdagangan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok