Rutin Dengarkan Musik, Mampu Obati Penyakit Jantung

Rutin Dengarkan Musik, Mampu Obati Penyakit Jantung

HarianDepok.com – Kesehatan , Baru-baru ini para ahli mengungkapkan bahwa manfaat musik memang tidak bisa diremehkan. mendengarkan musik secara rutin atau terapi musik dapat membantu mengobati jutaan orang yang mengidap penyakit jantung. Dari hasil penelitian, mendengarkan musik yang didalamnya memiliki ritme 10 detik yang diulang-ulang dalam berbagai komposisi dapat membuat tekanan darah lebih stabil sehingga bisa membantu mengurangi denyut jantung.

Musik ciptaan komponis Italia, Giuseppe Verdi, adalah salah satu yang direkomendasikan. Tetapi, melalui penelitian yang dilakukan selama 20 tahun ini, apapun jenis musik, baik yang menenangkan ataupun berirama sedikit lebih cepat ditanggapi sama oleh partisipan penelitian yang dipimpin oleh Prof Peter Sleight yang merupakan ahli jantung dari University of Oxford. Salah seorang partisipan mengalami perubahan tekanan darah dan denyut nadi.

Seperti yang dilansir laman Mirror, Selasa (09/06/2015), “Musik sudah digunakan sebagai terapi yang menenangkan. Melalui penelitian, kami memberikan pemahamanan bagaimana musik khususnya irama tertentu bisa mempengaruhi jantung dan pembuluh darah,” jelas Sleight.

“Namun, tetap dibutuhkan penelitian lanjut agar lebih kuat untuk meyakinkan orang-orang bahwa terapi musik sangat bermanfaat,” tambahnya. Lantas mengapa musik dapat membantu mengatasi masalah kardiovaskular? “Kita mengetahui bahwa stres berdampak pada penyakit kardiovaskular. Nah, dengan mendengarkan musik akan memberikan efek menenangkan yang berpotensi sebagai terapi,” jelas Jeremy Pearson, direktur medis British Heart Foundation.

[ NurMungil/HD ]

 

 

Tags:
author

Author: