Bupati Purwakarta : PPDB Sekolah Wajib Utamakan Warga Sekitar

Bupati Purwakarta : PPDB Sekolah Wajib Utamakan Warga Sekitar

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Semua  sekolah dari tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mulai tahun ajaran baru 2015-2016 wajib mengutamakan warga sekitar dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). “Kebijakan ini terdapat dalam peraturan bupati (Perbup) Purwakarta tentang PPDB. Sekarang Perbup-nya baru akan saya tandatangani,” ujar Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta, Selasa (09/06/2015).

Tidak hanya poin mengutamakan warga sekitar sekolah, Perbup ini juga berisi larangan adanya pungutan biaya PPDB serta membatasi menerima siswa baru dari luar Purwakarta. Dedi mengatakan, setiap sekolah di Purwakarta cuma diperbolehkan menerima 10 persen siswa dari luar Purwakarta dari jumlah siswa penduduk asli Purwakarta.

Kebijakan ini diterapkan supaya semua siswa memperoeh pendidikan sampai tingkat SMA. Jadi menurut Dedi, yang menjadi keutamaan untuk pelajar di Purwakarta bukan nilai. Tetapi pentingnya melanjutkan pendidikan. “Sanksinya tegas jika kebijakan ini tidak dipatuhi. Karena wajib belajar di Purwakarta sudah 12 tahun. Tidak lagi wajib belajar 9 tahun. Sebab itu sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA di Purwakarta sudah gratis, “ungkapnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok