Pemberdayaan Situ Situ di Depok Masih Terkendala

Situ Di Depok, Program Pemberdayaan Situ Depok, Situ Rawa Besar Depok

HarianDepok.com – Berita , Kurang optimalnya pemberdayaan situ situ yang ada di wilayah kota Depok oleh pemerintah daerah dan masyarakat pada umumnya, membuat beberapa situ situ terbengkalai dan tak terurus. Diketahui ada beberapa situ situ yang belum dioptimalisasi oleh pemkot Depok, salah satunya adalah Situ Rawa Besar yang hingga kini masih belum dimaksimalkan keberadaannya.

Wakil Ketua Komisi B DPRD kota Depok, Farida Rahmayanti mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan pengkajian naskah akademis tentang rancangan peraturan daetah (Perda) mengenai situ yang dikelola dengan pendekatan wisata. Dengan adanya perubahan tentang pemberdayaan 23 situ yang ada di kota Depok dengan pendekatan wisata bisa mencegah terjadinya alih fungsi serta hilangnya situ situ di Depok yang pada beberapa waktu lalu sempat dikabarkan oleh media.

“Dengan dilakukannya pendekatan wisata terhadap situ situ yang ada di wilayah kota Depok, diharapkan bisa mencegah terjadinya alih fungsi lahan situ yang menyebabkan keberadaan situ menghilang. Lain daripada itu, pemberdayaan situ dengan pendekatan wisata juga bisa memaksimalkan keberadaan situ situ,” ungkapnya kepada media, Senin (08/06/2015).

Menurutnya, pengelolaan situ situ dengan cara pendekatan pariwisata tersebut tak hanya bisa mengoptimalisasikan keberadaan situ saja, akan tetapi bisa menambah pendapatan daerah, namun hal tersebut masih terkendala dengan besarnya anggaran pengelolaan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah. Contohnya saja anggaran yang telah digelontorkan untuk pemberdayaan Taman Hutan Raya Depok yang hingga kini masih dibiayai oleh tiga sumber yaitu bantuan dari pusat, Provinsi dan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Depok. Agar keberadaan situ situ tersebut tak hilang pemkot Depok saat ini baru mampu mengeluarkan biaya pemeliharaan saja berupa rehabilitasi.

Ia juga menuturkan bahwa saat ini pihaknya tengah merancang skema  untuk situ Cilodong yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat pariwisata. Pada pembahasan mengenai rencana pemberdayaan situ Cilodong menjadi tempat wisata akan dilakukan secara bertahap dengan melibatkan beberapa rekan kerja pemerintah kota Depok beserta perangkat daerah.

“Dengan keterbatasan anggaran dan tingginya biaya pengelolaan untuk seluruh situ agar bisa dijadikan sebagai tempat pariwisata membuat kami harus bekerja secara perlahan dengan melakukan pembenahan terhadap situ secara bertahap. Saat ini baru situ Cilodong saja yang sudah kita benahi dengan menempatkan alat alat berat disana,” tuturnya

“Dengan melakukannya secara perlahan dan bertahap namun pasti, kami yakin akan bisa mengoptimalisasi seluruh situ situ yang ada di wilayah kota Depok, sehingga untuk kedepannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan pemerintah daerah sebagai tempat pariwisata berikut lahan resapan air,”tandasnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: