Pejabat Malaysia Yakin Foto Bugil Turis Penyebab Gempa Kinabalu

Pejabat Malaysia Yakin Foto Bugil Turis Penyebab Gempa Kinabalu

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Gempa 6 skala Richter telah mengguncang Bumi Sabah, Malaysia pada Jumat (05/06/2015). Akibat gempa tersebut , beberapa bangunan ambruk, hingga  jalan aspal pun ikut terbelah, serta memicu kepanikan. Sedangkan di puncak Gunung Kinabalu, gempa tersebut telah memakan korban jiwa. Setidaknya ada 16 pendaki yang ditemukan tewas, dan dua lainnya masih dinyatakan hilang. Biasanya, timbulnya gempa disebabkan oleh aktivitas tumbukan, tektonik, vulkanik, runtuhan, da nada juga yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti ledakan nuklir atau dinamit.

Dan saat ini, ada salah seorang pejabat Malaysia menambahkan satu kriteria lagi, yakni ulah sejumlah turis yang berfoto tanpa mengenakan busana di Gunung Kinabalu. Tan Sri Joseph Pairin Kitingan, Wakil Menteri Besar Negara Bagian Sabah, meyakini bahwa gempa tersebut disebabkan oleh foto tak senonoh yang diambil di gunung keramat tersebut. Seperti yang dikutip dari Daily Mail, Senin (08/06/2015), “Orang boleh percaya atau tidak, itu yang diyakini oleh warga Sabah,” ucapnya.

“Jelas ada hubungannya. Kita harus menganggapnya sebagai sebuah peringatan, itu lah yang akan terjadi bila kepercayaan dan adat istiadat lokal tidak dihormati,” tambahnya. “Kinabalu merupakan gunung keramat dan orang tidak  boleh meremehkan hal itu.” Ujarnya. Ia juga mengaku mendapatkan firasat bahwa bencana akan terjadi ketika ia melihat sekelompok burung terbang di depan rumahnya. Sedangkan menurut  Datuk Masidi Manjun, Menteri Pariwisata, Budaya, dan Lingkungan Sabah, menambahkan bahwa lima turis sudah diidentifikasi sebagai tersangka dari foto tanpa busana tersebut.

Jika mereka masih ada di Sabah, mereka tidak akan diizinkan keluar sebelum mendapat sanksi. “Setelah itu kami akan menendang mereka keluar dan melarang mereka masuk ke Sabah lagi,” ucapnya.  Gunung Kinabalu adalah puncak tertinggi di Malaysia dengan ketinggian mencapai 4.095 meter dari permukaan laut. Sebelumnya, foto lima turis tanpa busana itu muncul di media sosial pada 30 Mei 2015. Disusul dengan sepuluh pendaki lain (termasuk empat perempuan) melucuti pakaiannya di dekat puncak Kinabalu.  Mereka bahkan juga dituduh telah buang air di lokasi yang dikeramatkan oleh warga Sabah.

Datuk Jamili selaku Direktur Taman Nasional Sabah menyebutkan, ada empat perempuan serta enam orang pria memisahkan diri dari rombongan dan pergi ke selatan puncak.  Para turis tersebut mengabaikan peringatan dari penjaga, dan mengejeknya dengan sebutan ‘bodoh’, serta mengucapkan sumpah serapah ketika petugas meminta mereka untuk menghentikan niat mereka untuk menanggalkan pakaian dan kemudian berfoto.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok