Kol Ungu Miliki Manfaat Yang Baik Bagi Kesehatan

 

Kol Ungu Miliki Manfaat Yang Baik Bagi Kesehatan

HarianDepok.com – Kesehatan , Hanya segelintir orang yang mengetahui jika kol ungu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Kol  ungu memiliki kandungan vitaminC dan K serta mempunyai zat anti inflamasi. Tidak hanya itu, warnanya yang menarik juga memiliki kandungan polifenol antosianin (antioksidan) yang lebih baik daripada kol putih sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Dari hasil sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa anthocyanin ini juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit diabetes , jantung, dan beberapa jenis kanker. Tidak hanya sampai disitu, masih terdapat manfaat lain dari kol ungu. Seperti yang dikutip Care2, Senin (08/06/2015) berikut adalah ulasannya :

  1. Mencegah kanker

Kandungan sulforaphane, lupeol, dan sinigrin yang ada pada kol ungu diyakini dapat merangsang aktivitas enzim serta menghambat pertumbuhan kanker. Sebuah hasil studi sempat menemukan, terjadinya penurunan kasus kanker payudara saat sayuran ini rutin dikonsumsi oleh sejumlah wanita.

  1. Diet

Kol ungu hanya memiliki kandungan 33 kalori. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan serat sehingga cocok bagi Anda yang tengah  berdiet.

  1. Makanan otak

Karena kaya akan antosianin dan vitamin K, kol ungu juga diklaim bermanfaat bagi kesehatan mental serta meningkatkan konsentrasi. Sayuran ini juga bisa menurunkan risiko Alzheimer dan demensia serta mencegah kerusakan saraf.

  1. Meringankan sakit kepala

Kompres dengan daun kol ungu juga dapat membantu meringankan sakit kepala. Caranya sederhana, pertama hancurkan daun kubis, lalu simpan di kain, dan tempelkan di dahi. Dengan meminum jus kol ungu setiap hari juga dapat membantu meringankan sakit kepala.

  1. Membantu detoksifikasi tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam kol ungu membuat sayuran ini mampu menghilangkan racun (radikal bebas dan asam urat).

[ NurMungil/HD ]

 

 

Tags:
author

Author: