Buruh Hingga Pegawai Kantoran Akan Dapat Dana Pensiunan Seperti PNS

Buruh Hingga Pegawai Kantoran Akan Dapat Dana Pensiunan Seperti PNS

HarianDepok.com – Bisnis – Ekonomi , Tidak sedikit orang  menginginkan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS),  pasalnya mereka tergiur dengan dana pensiun yang akan mereka dapat saat masa tua. Bagi pegawai swasta, kali ini tidak perlu khawatir, karena dalam waktu dekat pemerintah bakal mengadakan program jaminan pensiun pada 1 Juli 2015. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang? Nomor 40 Tahun 2004,? tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Pembayaran jaminan pensiun rencananya akan dilakukan dan dikelola lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. “Sesuai dengan perintah Pak Preside,n bahwa kita akan menyelesaikan Peraturan Pemerintah (PP) tentang penjaminan pensiun untuk para pekerja,” ucap Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Senin (08/06/2015).

pemerintah menargetkan PP tersebut bisa diselesaikan pada pekan ini, untuk kemudian ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada pekan selanjutnya. Setiap para pekerja dan perusahaan nantinya wajib melakukan iuran setiap bulannya untuk mendapatkan maanfaatnya ketika memasuki usia pensiun. Sebab itu, pemerintah mengarahkan kepada semua perusahaan yang belum mendaftarkan para pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan agar segera mendaftarkan para pekerjanya sebelum nantinya akan diberikan sanksi.

Selain itu, Elvyn G Masasha selaku Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan menerangkan, bahwa dengan penambahan penjaminan pensiun bagi para pekerja tersebut maka BPJS Ketenagakerjaan secara resmi akan beroperasi penuh. “Ini sedang disiapkan PP-nya, saya hanya boleh sosialisasi setelah PP-nya keluar. Jadi berdasarkan PP itu, jika udah selesai, kami akan menyurati ke semua perusaahan,” ujar Elvyn.

Ia menjelaskan, peluncuran program jaminan pensiun akan mulai beroperasi penuh setelah BPJS Ketenagakerjaan ini ditandatangani langsung oleh Presiden Jokowi yang akan dilakukan di Cilacap pada 1 Juli 2015. BPJS Ketenegakerjaan sebelumnya hanya menjalankan program penjaminan kepada para pekerja yang berupa Jaminan Jaminan Kematian, Kecelakaan Kerja (JKK), serta Jaminan Hari Tua (JHT).

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok