Pedagang Perkirakan Harga Daging Cuma Naik Rp 2.000/Kg Jelang Puasa

HarianDepok.com – Berita Nasional – Beberapa pihak memperkirakan akan terjadi lonjakan harga daging sapi jelang Puasa dan Lebaran 2014. Namun bagi pedagang, kenaikan harga daging sapi tahun ini diperkirakan relatif lebih lunak daripada tahun lalu, kenaikan diperkirakan sekitar rata-rata Rp 2.000/Kg, karena stok sapi yang cukup.

Seorang pedagang daging sapi di Pasar Cisalak, Depok, Jawa Barat Arifin mengatakan kenaikan harga memang sering terjadi jelang Puasa. Menurutnya kenaikan harga daging sapi saat ini tidak terjadi terlalu jauh dari harga normal di luar Puasa dan Lebaran.

“Kalau di hari biasa bukan Puasa, harganya Rp 96.000/Kg. Kalau Puasa emang naik, biasa itu lah tapi paling naiknya cuma Rp 2.000/Kg, nggak terlalu tinggi,” Kata seorang pedagang pasar Cisalak Depok, Arifin kepada detikFinance, Kamis (11/6/2014).

Ia menjelaskan, meski harga daging sapi relatif tinggi, namun permintaan daging di Depok, Jawa Barat cukup tinggi. Ia mengatakan dalam sehari ia bisa menjual rata-rata 40-45 kg. “Banyak juga yang beli, biasanya sehari bisa 45 kg,” pungkasnya.

Di Pasar Cisalak-Depok, Jawa barat harga daging sapi relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga daging di Jakarta. Jenis produk sapi yang dijual bervariasi dari mulai daging murni tanpa lemak, daging dengan lemak, jeroan, tulang sumsum, hingga gajih atau lemak.

“Kalau peternak kan bawa semua dari daging, kepala, sampai jeroan,” katanya.

Ia menyebutkan harga daging murni mencapai Rp 96.000/kg, untuk daging campuran atau daging dengan lemak dihargai Rp 92.000-94.000/kg. Kalau lemak atau gajih itu dihargai Rp 15.000/kg, sementara jeroan dihargai Rp 30.000/kg.

Arifin mangatakan, daging sapi yang dijual para pedagang di pasar ini sebagian besar berasal dari rumah potong hewan (RPH) yang masih berlokasi di Depok. Sehingga harganya cenderung tidak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan di Jakarta.

“Di Tapos (masih daerah Depok) kan ada pemotongan. Dagingnya dari situ. Yang dari Jakarta itu juga dagingnya ada yang dari situ. Kalau kita karna dekat harganya jadi lebih murah. Kalau di Jakarta nggak dapat harga kaya yang kita punya,” katanya.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pedagang Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Rochadi Tawaf pernah memperkirakan harga daging sapi akan melampaui Rp 100.000 per kg. Bahkan menurutnya bisa mencapai Rp 150.000 per kg.

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer