Salah Sebut Tempat Lahir Soekarno, Tim Komunikasi Jokowi Minta Maaf

Salah Sebut Tempat Lahir Soekarno, Tim Komunikasi Jokowi Minta Maaf

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Di saat peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2015 di Blitar, Jawa Timur, Jokowi membacakan teks pidato. Dalam pidatonya itu, disebutkan bahwa kota kelahiran Presiden pertama RI, Bung Karno adalah Blitar. Padahal yang benar beliau lahir di Surabaya. Pihak Istana Negara mengakui kesalahannya atas kekeliruan menyebut tempat kelahiran Bapak Proklamator, Soekarno. Kesalahan ini membuat Presiden Joko Widodo menjadi bahan pemberitaan di media sosial.

“Kesalahan tersebut sepenuhnya merupakan kekeliruan saya dan akan menjadi tanggung jawab saya,” ujar Sukardi Rinakit, Tim Komunikasi Jokowi dalam keterangan pers, Jumat (05/06/2015). Sukardi menjelaskan, saat Jokowi tengah menyusun pidato tersebut, mantan gubernur DKI Jakarta itu bertanya kepada Sukardi mengenai Blitar. “Tapi saya menjawab bahwa Bung Karno lahir dan disemayamkan di Blitar. Pada waktu itu Presiden pun meminta saya untuk memeriksa kembali, karena seingat beliau, Bung Karno lahir di Surabaya,” ujarnya.

Akan tetapi, ternyata Sukardi tidak memeriksanya dengan baik. Satu-satunya referensi yang ia gunakan untuk memberi masukan ke Jokowi hanya diperoleh dari salah satu situs asal Belanda, Tropenmuseum.nl, yang menyebutkan bahwa Bung Karno lahir di Blitar. Tidak hanya itu, Sukardi juga mengaku jika sejak kecil dia teringat soal cerita rakyat yang menyebut bahwa Bung Karno lahir di Blitar.

“Untuk itu, dengan tulus saya mohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya kepada keluarga Bung Karno, utamanya Ibu Megawati Soekarnoputri, dan Ibu Puan Maharani yang hadir pada acara tersebut. Saya berjanji untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam memberikan informasi khususnya yang berkaitan dengan perjalanan sejarah bangsa,” ucapnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok