Mudik Lewat Tol Cikapali, Cikampek-Palimanan Hanya 1,5 Jam

Mudik Lewat Tol Cikapali, Cikampek-Palimanan Hanya 1,5 Jam

HarianDepok.com – Bisnis – Ekonomi , Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera meresmikan jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) yang mempunyai panjang 116 kilometer (km)  sebelum bulan Ramadan. Lalu apakah dengan adanya tol ini dapat menjamin mudik lebaran tahun ini akan bebas macet? Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, terjadinya kemacetan ketika mudik tidak hanya  dari factor sarana dan prasarana, tetapi juga terdapat tiga hal lain yang perlu diperhatikan untuk menangani  kemacetan tersebut.

Seperti yang dikutip dari laman PU.go.id, Kamis (04/06/2015), yang pertama adalah dalam pengaturan lalu lintas antara arus yang menuju jalan tol Cikapali dengan arus yang menuju Pantura. Kedua, pemerintah besrta instansi swasta harus mengatur waktu libur atau cuti bersama untuk karyawan. Karena hal itu juga mempengaruhi waktu kepulangan orang mudik. Dan yang terakhir, mendisiplinkan para pengguna jalan tol. “Namun jika sudah beroperasi, jalan tol tersebut bisa mengurangi kemacetan d jalur pantura sampai 40 persen,” ujar Basuki.

Menurut Hediyanto W. Husaini, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR menyebutkan bahwa nantinya tol tersebut juga memperpendek jarak tempuh hingga 40 kilometer (km) dan memangkas waktu tempuh sampai 3,5 jam. “Dari Cikampek ke Palimanan dapat ditempuh hanya 1,5 jam,” ujar Hediyanto. Tol Cikapali juga dilengkapi dengan  tujuh pintu masuk dan keluar (simpang susun), 99 jembatan, empat area peristirahatan tipe B tanpa SPBU, dan juga empat area peristirahatan tipe A yang terdapat SPBU.

“Rest area tipe A ada SPBU nya. Hanya itu yang membedakan. Dari total panjang 116 Km, diperkirakan jarak setiap lokasi rest area sekitar 25 Km,” ucap Basuki. Belajar dari Tol Cipularang, untuk mengurangi dampak sosial, Basuki menyebutkan bahwa rest area tersebut akan mengakomodir UMKM lokal dari Subang, Indramayu dan Majalengka untuk mengisi kios-kios di rest area. Pemilihan UMKM dilakukan oleh bupati setempat dan settiap SPBU dan rata-rata mempunyai 20 kios.

Selian itu, menurut  Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya Hudaya Arrianto menuturkan, pihaknya akan memberikan pelayanan lengkap di jalan tol dan berencana akan memberikan pelayanan makanan di food court yang bermacam-macam untuk para pengguna jalan tol. “Biar bagaimana pun fokusnya memberi service ke pengguna. Karena para pengguna jalan tol seleranya berbeda. Hingga saat ini terdapat 28 UKM yang sudah mendaftar,” tutupnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok