Efek Bahaya Bagi Para Penggemar Tato

Efek Bahaya Bagi Para Penggemar Tato

HarianDepok.com – Kesehatan , Saat ini menghias tubuh dengan menggunakan tato tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Tetapi  sebelum Anda mulai menghiasi tubuh dengan tato, ada baiknya menengok apa dampak yang akan terjadi pada penggunaan tato yang akan menempel selamanya di kulit. Berdasarkan hasil dari sebuah studi, ada 1 dari 10 orang yang mengalami masalah kulit pada tato. Misalnya jadi gatal-gatal, infeksi,  kemerahan hingga bengkak seperti yang disebutkan dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Contact Dermatitis.

Seperti yang dilansir Live Science, Selasa (02/06/2015), tidak hanya itu, orang yang terlibat dalam penelitian ini ada yang menyatakan sempat mengalami komplikasi bertahun-tahun usai tubuhnya ditato. Seperti yang dijelaskan salah satu penulis studi dari New York University Langone Medical Center di New York, dokter kulit Marie Leger “Saya tidak anti tato, sama sekali tidak, malah saya berpikir tato adalah indah. Namun, orang harus mengetahui bahwa ada risiko di dalamnya,” Leger mulai menyadari adanya risiko dari tato saat mulai banyak pasien yang datang ke kliniknya gara-gara hal ini.

Dia mulai bertanya-tanya apa yang menyebabkan hal ini. Hingga akhirnya menyadari bahwa ada kemungkinan komplikasi yang disebabkan oleh tato. Bersama rekan-rekannya Dokter kulit ini melakukan penelitian terhadap 300 orang bertato di Central Park di New York dan kemudian menanyakan semua masalah yang berhubungan dengan tato. Sekitar 10 persen orang mengatakan mempunyai komplikasi. Pada umumnya komplikasi jangka pendek, seperti infeksi bakteri, gatal dan pembengkakan usai kulit ditato.

Tetapi, terdapat enam dari 10 orang yang mendapatkan keluhan mengalami masalah serius. Yakni seperti  mengalami gatal-gatal serta bengkak selama bertahun-tahun. Namun sayang hanya sedikit yang memeriksakannya ke dokter. Diprediksikan hal ini disebabkan karena tinta tato warna hitam memiliki kandung karbon, sementara tinta yang berwarna merah terdapat kandungan nitrogen. Berdasarkan hasil penelian awal menyebutkan bahwa tinta ini bisa menyebabkan berbagai jenis reaksi pada orang.

[ NurMungil/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: