Peresmian Tol Cikampek-Palimanan Tinggal Menunggu Jokowi

Peresmian Tol Cikampek-Palimanan Tinggal Menunggu Jokowi

HarianDepok.com – Bisnis – Ekonomi , Saat ini Proyek pembangunan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) sepanjang 116,75 kilometer (km) sudah rampung. Akan tetapi pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) belum dapat memastikan kapan tol ini secara resmi dioperasikan. Ahmad Gani Gazali selaku Kepala BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan operasional tol ini masih menunggu jadwal Presiden Joko Widodo untuk melakukan peresmian.

“Kita masih minta waktu pada Pak Presiden kapan akan meresmikannya. Ini juga dalam koordinasi dengan menteri-menteri yang bersangkutan,” tuturnya di Jakarta, Selasa (02/06/2015). PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator tol Cikapali meminta agar ruas jalan Tol ini mulai dioperasikan pada 15 Juni 2015, menurut Gani hal tersebut sudah disampaikan kepada Sekretaris Negara (Setneg).”Tanggal 15 Juni itu baru permintaan, tapi akan dikoordinasikan dulu dengan Setneg karena berhubungan dengan istana, kapan bisa meresmikan,” tuturnya.

Walau demikian, Gani memastikan jika tol ini sudah dapat beroperasi ketika musim mudik lebaran nanti sehingga diharapkan dapat memecah masalah kemacetan di jalur Pantai Utara (Pantura). “Sebelum mudik mudah-mudahan sudah dapat dioperasikan,” ujarnya. Seperti yang diketahui, pembangunan tol dengan nilai investasi sebesar Rp 12,8 triliun ini dikerjakan dalam rentan waktu dua tahun terhitung sejak awal 2013.

Pembangunan jalan tol ini sendiri terbagi dalam enam seksi, yakni :

seksi I Cikopo-Kalijati sepanjang 29,12 km,

seksi II Kalijati-Subang sepanjang 9,56 km,

seksi III Subang-Cikedung sepanjang 31,37 km,

seksi IV Cikedung-Kertajati sepanjang 17,66 km,

seksi V Kertajati-Sumberjaya sepanjang 14,51 km, dan

seksi VI Sumberjaya-Palimanan sepanjang 14,53 km.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok