Keistimewaan Ibadah dan Amalan Malam Nisfu Sya’ban

Keistimewaan Ibadah dan Amalan Malam Nisfu Sya’ban

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Malam nisfu Sya’ban adalah malam pada pertengahan bulan Syaban yang diyakini sebagai malam yang mulia. Bagi seluruh umat Islam, mereka mengutamakan amalan-amalan tertentu pada bulan tersebut karena mengandung banyak keistimewaan. Ada juga yang berpendapat bahwa malam tersebut disebut malam bara’ah atau pembebasan, karena pada malam tersebut ada dua pembebasan.  Pertama, pembebasan orang-orang yang sengsara dari Allah , Tuhan Yang Maha Penyayang.

Kedua, pembebasan para wali dari orang-orang yang hina dina. Ada juga yang menyebutkan bahwa para malaikat memiliki dua malam raya di langit, layaknya kaum Muslim memiliki hari raya di bumi. Malam raya para malaikat adalah pada malam bara’ah serta malam Lailatul Qadar. sementara hari raya orang-orang yang muslim adalah pada hari Idul Fitri serta hari raya Idul Adha. Hari raya para malaikat berlangsung pada malam hari karena mereka tidak tidur, sementara hari raya orang-orang Mukmin-

berlangsung pada siang hari karena pada malam hari  mereka tidur. Ada juga beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban. Diantaranya yang diyakini adalah dengan melaksanakan sholat sunnah dua rakaat setelah salat maghrib, lalu memabca surat Yasin, dan kemudian dilanjutkan dengan membaca doa nisfu Syaban. Bagi seluruh umat Islam di Indonesia, membaca surat Yasin pada malam tersebut diyakini mempunyai beberapa keistimewaan.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: