Otak Selalu Sehat Dengan Menjauhi Makanan Berpengawet Dan Berpenyedap

Otak Selalu Sehat Dengan Menjauhi Makanan Berpengawet Dan Berpenyedap

HarianDepok.com – Kesehatan , Kita dapat dengan mudah menjaga kualitas otak dalam keadaan baik. Jauhilah makanan berpenyedap serta berpengawet dan Pilihlah makanan yang sehat. “Makanan seperti itu tinggi akan lemak, garam, minyak, serta mineral, protein, karbohidrat, seratnya tidak seimbang,” ucap dr. Agus Anab Sp.BS dari Brain and Spine Center. Dalam diskusi `Tumor Otak dan Pencegahan Gangguan Saraf` yang digelar di Hotel Atlet Century Jakarta, Sabtu (30/05/2015), Agus meminta agar kita lebih berhati-hati pada makanan tinggi pengawet dan penyedap.

“Memang sedikit sensitif. Tapi, itu sudah umum, seluruh dokter sudah mengetahuinya bahwa dari beberapa kasus seperti tumor otak, salah satu risiko penyebabnya karena makanan berpenyedap,” ujar Agus. Usai membaca beberapa literatur, hasil yang diperoleh Agus nyaris seluruhnya serupa, bahwa makanan berpenyedap tidak baik untuk kesehatan otak. “Instan-instan dan berpenyedap memang menjadi faktor risiko,” tutur Agus menekankan.

Agus pun mengakui, bahwa akan sulit bagi kita untuk terhindar dari sejumlah makanan semacam itu. Apalagi anak-anak, sangat sulit menjauhkan mereka dari beberapa jajanan berpenyedap dan mi instan. “Lebih baik anak-anak mengonsumsi makanan seperti itu seminggu sekali. Karena setiap harinya, orangtua tidak bisa mengontrol jajanan yang dijual di sekolah. Mulai dari yang penyedap, berpengawet, hingga makanan berpewarna,” terang dia.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: