Ahok Ingin Pemerintah Jadikan 1 Juni Sebagai Hari Nasional

Ahok Ingin Pemerintah Jadikan 1 Juni Sebagai Hari Nasional

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Dalam peringatan ke-70 tahun lahirnya Pancasila sebagai ideologi bangsa, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai harus dilakukan dengan cara melaksanakan intropeksi diri bagi seluruh rakyat Indonesia untuk kembali pada jiwa Pancasila. Menurut Ahok, jiwa Pancasila yaitu kembali mencerminkan pelaksanaan sila-sila dari Pancasila dan melakukan tindakan berdasarkan falsafah dari Pancasila.

“Maknanya itu kita harus introspeksi betul untuk kembali ke jiwanya Pancasila dan bukan dalam bentuk perkataan tapi dalam tindakan konret. Apakah tindakan kita itu mencerminkan pelaksanaan dari sila-sila Pancasila? karena sekarang banyak yang bicara tentang Pancasila tapi pelaksanaannya dan tindakannya jauh dari Pancasila,” tutur Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (01/06/2015).

Pria kelahiran Belitung Timur itu juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap pemerintah karena tanggal 1 Juni tidak dinyatakan sebagai hari besar dan tidak melaksanakan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila. “Saya memberikan masukan keras pada pemerintah untuk menjadikan 1 Juni sebagai hari besar dan tidak libur, tapi memang harus ada hari upacara.

Hari lahir Pancasila itu filosofi besar negara kita sehingga kita harusnya 1 Juni mengadakan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila,” beber Ahok. Suami Veronica Tan itu mengaku sempat merekomendasikan pada Presiden saat dirinya menjabat sebagai Bupati untuk melakukan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila. Oleh sebab itu dirinya tidak mau melakukan pelaksanaan upacara tersebut pada Pemprov DKI karena tidak adanya ketentuan dari pemerintah.

“Belum melaksanakan upacara karena belum ada ketentuan dari pemerintah. Kalau di Blitar seluruh masyarakat, warga, anak sekolah dan pegawai ikut upacara di alun-alun kota dan hari ini Presiden juga datang ke Blitar untuk upacara budaya peringatan hari lahir Pancasila,” ujar Ahok. “Saat ini banyak sekali orang bicara soal Pancasila, tapi perbuatannya, pelaksanaannya, dan perkataannya masih menyimpang,” tuturnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok