BPMK Kota Depok Jamin Beras Raskin Tak Tercampur Beras Plastik

BPMK Kota Depok Jamin Beras Raskin Tak Tercampur Beras Plastik

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita , Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok memastikan bahwa beras yang diperuntukan bagi warga miskin atau kurang mampu tersebut aman untuk dikonsumsi, sehingga bagi warga yang mendapatkan jatah beras raskin tidak perlu merasa khawatir jika beras tersebut dicampur dengan beras plastik. “Insya Allah aman, karena beras raskin itu sebagian besar berasal dari petani langsung, dalam artian Bulog bekerjasama dengan para petani,” tutur Kepala BPMK Kota Depok, Widyati Riandani, Senin (25/05/2015).

Widyati juga menyatakan, beras raskin diperoleh dari petani di wilayah Indonesia dan bukanlah beras impor. Sampai sekarang pihaknya belum menemukan beras plastik di dalam beras raskin. “Beras plastik dan beras raskin itu mudah dibedakannya, beras plastik itu warnanya putih, sementara beras raskin warnanya tidak putih. Namun pihak Disperindag sudah turun ke lapangan beberapa waktu lalu,” tuturnya. Ia melanjutkan, walau demikian antisipasi tetap harus dilakukan oleh BPMK dengan mengimbau pada pihak kelurahan untuk tetap melakukan pengawasan saat beras raskin tersebut sampai dimasing-masing kelurahan.

“Pengawasan sebenarnya sudah dilakukan di tingkat kelurahan, baik itu dari segi kualitas dan kuantitas. Tetapi kami tetap akan meminta pada pihak kelurahan jika menemukan ada yang di luar kebiasaan untuk segera melaporkan pada kami dan kami akan meneruskannya ke Bulog,” terangnya. Widyati menambahkan, sebenarnya pemantauan kualitas beras raskin tidak hanya dilakukan di tingkat kelurahan, tapi dari pihak Bulog pun sudah mengantisipasi hal itu di tingkat gudang. “Pengawasan mutu juga sudah dilakukan di sana. Jadi, bagi mayarakat penerima beras raskin tidak perlu khawatir. Saat ini rumah tangga sasaran (RTS) mencapai hingga 41.103,” ujarnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: