Ibu Hamil Kurang Konsumsi Ikan Dan Susu, Hati-hati IQ Bayi Anda Rendah

Ibu Hamil Kurang Konsumsi Ikan Dan Susu, Hati-hati IQ Bayi Anda Rendah

HarianDepok.com – Kesehatan , Menurut sebuah studi menyebutkan, apa yang dikonsumsi ibu selama masa kehamilan akan memengaruhi perkembangan otak janin. Salah satu fakta menyebutkan, ibu hamil yang tidak mengonsumsi ikan, keju, atau susu dikhawatirkan akan melahirkan bayi dengan IQ yang rendah. Dampak jangka panjang pada anak yang kekurangan yodium sejak masa janin seperti skor yang lebih rendah dalam tes aksara, khususnya dalam mengeja.

Yodium sangat diperlukan untuk produksi hormon tiroid oleh kelenjar tiroid (gondok) pada leher untuk memproduksi hormon tiroksin, yakni hormon yang membantu proses metabolism, mengatur aktivitas berbagai organ, dan mengontrol pertumbuhan organ tubuh. Begitu pula dengan pertumbuhan otak pada janin dan anak. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab yodium mempunyai peranan besar dalam masa kehamilan.

Kekurangan yodium selama masa kehamilan juga menjadi penyebab utama kerusakan otak pada anak-anak di berbagai negara berkembang. Survei pun menunjukkan, hanya 12 persen perempuan yang menyadari pentingnya yodium ketika sedang hamil. Hampir 84 persen wanita tidak menyadari jika yodium sangat penting dalam masa perkembangan otak bayi saat belum lahir. Dan cuma 11 persen perempuan hamil yang mengetahui kebaikan yodium dari bidan atau dokter mereka.

Seperti yang dilansir Mirror, Rabu (27/05/2015), masalah yang sangat penting dalam kasus ini adalah adanya hambatan soal pengetahuan yodium. Kebanyakan orang menganggap bahwa yodium cuma terkandung dalam garam, yang akan memicu seseorang terkena tekanan darah tinggi. Padahal banyak sumber yodium alami yang bisa didapat dari sejumlah jenis asupan seperti susu, keju dan ikan laut.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: