Puluhan Juta Buruh Ancam Gelar Aksi Besar-Besaran JikaTak Dapat Jaminan Pensiun

Puluhan Juta Buruh Ancam Gelar Aksi Besar-Besaran JikaTak Dapat Jaminan Pensiun

HarianDepok.com – Bisnis – Ekonomi , Seiring dengan iuran jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan yang mulai berlaku mulai 1 Juli 2015 mendatang, puluhan juta buruh terancam tidak akan mendapatkan jaminan pensiun. Menurut Said Iqbal, selaku Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyebutkan, hal ini dikarenakan pemerintah belum juga mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) soal Jaminan Pensiun menjadi sebuah Peraturan Pemerintah (PP).

“Mulai 1 Juli 2015, lebih dari 40 juta buruh terancam tidak akan mendapatkan jaminan pensiun lantaran Presiden Jokowi belum menandatangani RPP Jaminan Pensiun,” ucapnya di Jakarta, Selasa (26/05/2015). Padahal jika melihat perintah dari Undang-Undang (UU) BPJS, RPP tersebut harus sudah ditandatangani pada bulan November 2014 lalu. Oleh karena itu, masa buruh meminta agar pemerintah untuk segera mengesahkan RPP tersebut.

“Para buruh mendesak Presiden Jokowi harus menandatangani RPP tersebut paling lambat awal Juni 2015,” tambahnya. Adapun usulan manfaat pensiun yang diinginkan buruh yakni sebesar 60 persen dari gaji terakhir seperti pensiun TNI/Polri dan PNS. Tidak hanya itu, massa buruh juga menolak usulan iuran jaminan pensiun dari pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) sebesar 1,5 persen dengan manfaat pensiun kurang dari 25 persen dari gaji terakhir.

“Termasuk mendesak pemerintah agar lebih terbuka mengapa dengan iuran 8 persen tapi manfaat pensiunnya hanya 30 persen sampai 40 persen saja. Padahal bagi PNS dengan nilai iuran yang kurang dari 8 persen, tapi pemerintah memberikan manfaat pensiun PNS hingga 60 persen dari gaji terakhir,” ujarnya. Jika pemerintah tidak menanggapi hal ini, massa buruh mengancam bakal melakukan aksi besar-besaran pada akhir bulan ini dan awal Juni mendatang. “Buruh tengah mempersiapkan aksi besar-besaran selama 5 hari berturut-turu di seluruh Indonesia pada akhir Mei dan Juni ini,” ungkapnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok