Pendapat Lapan Terkait Suara Terompet dari Langit di Berbagai Negara

Pendapat Lapan Terkait Suara Terompet dari Langit di Berbagai Negara

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Warga di Australia, Jerman, Kanada dan Amerika Serikat, dan beberapa waktu lalu di kejutkan dengan terdengarnya suara seperti terompet dari langit yang memekakkan telinga.  Ada beberapa orang yang menduga bahwa suara tersebut berasal dari luar Bumi, atau bisa dibilang suara alien. Apakah benar demikian?  Seperti yang dikutip CNN Indonesia , Prof Thomas Djamaluddin, Kepala Lapan ketika dihubungi Senin (25/05/2015) mengatakan, “Suara atau audio itu membutuhkan perambat, sedangkan di luar angkasa itu tidak ada atmosfer.

Jadi mana mungkin suara misterius tersebut datangnya dari luar Bumi, karena di sana tidak ada perambatnya,” ujarnya. Menurut Thomas, suara terompet atau suara seperti Sangkakala itu sudah jelas berasal dari Bumi yang merambat melalui atmosfernya. Meskipun ia sendiri belum dapat menyatakan soal  penyebab pastinya apa, tetapi ia menegaskan bahwa sumber suara itu datangnya masih dari bumi. “Saya juga belum tahu apakah suara itu asalnya dari bencana alam di Bumi atau lainnya, yang pasti sura tersebut bukan berasal dari luar Bumi,” ujar Djamaluddin.

Ia menjelaskan, apabila memang ada unsur yang berasal dari luar Bumi, kemungkinan besar itu merupakan benda antariksa seperti meteor, komet, hingga asteroid yang menabrak Bumi atau benar-benar jatuh, bukan berupa suara atau audio. Sedangkan menurut pendapat badan antariksa Amerika Serikat, NASA, suara terompet itudapat dibandingkan dengan suara musik latar yang biasanya bisa didengar di film klasik fiksi ilmiah.

Tetapi, para pakar menegaskan bahwa suara yang datang dari Bumi bukanlah fiksi ilmiah. NASA mengungkapkan, Emisi radio alami dari planet Bumi seperti ini sudah sangat banyak terjadi dan itu lumrah. Seperti yang dikutip dari Tech Times, juru bicara dari NASA menjelaskan, “Bila manusia mempunyai antena radio (bukan telinga), kita akan dapat mendengar sebuah simfoni luar biasa dari suara-suara aneh yang datang dari planet kita sendiri,” ujarnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok