Jeruk Purut Berbentuk Jari Manusia Hebohkan Warga

jeruk-purut-berbentuk-jari-manusia-hebohkan-warga

HarianDepok.com – Berita Unik – Buah jeruk purut memang memiliki kulit yang tidak halus, namun buah jeruk purut milik warga Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini berbeda dan unik. Lima buah jeruk purut dari satu pohon ini, berbentuk seperti jari manusia.

Pemilik jeruk mengaku tidak mendapat firasat apapun, tanaman yang diberi temannya dari Yogyakarta ini baru sekali berbuah.

Tanaman jeruk yang ditaman Romani, warga Dusun Badaan RT 6 RW 6 Desa Bebengan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal ini sekilas sama dengan tanaman jeruk lainnya.

Ditanam di sebelah kandang ayam milik Romani, jeruk purut ini kini menjadi perhatian warga. Lima buahnya tidak memiliki bentuk tidak lazim buah jeruk lainnya yakni berbentuk menyerupai jari manusia.

Sontak buah jeruk purut berbentuk jari manusia ini mengegerkan warga sekitar yang beramai-ramai ingin melihatnya. Sang pemilik tanaman jeruk awalnya mendapatkan bibit pemberian temannya dari Yogyakarta.

“Tanaman jeruk yang berada dalam polybag ini kemudian dipindah ke kebun belakang rumahnya, setelah dua tahun baru kali ini berbuah namun berbentuk aneh dan unik,” katanya.

Keanehan dan keunikan buah jeruk ini karena kelima buah yang tumbuh dari pohon berbentuk sama menyerupai jari tangan manusia.

Romani mengaku tanamanya tidak mendapat perlakuan khusus bahkan banyak bunga yang rontok dan tidak menjadi buah sempurna.

“Bentuk dari buah jeruk purut ini ada yang menunjukan jari posisi menunjuk, adapula yang berbentuk jari-jari menelungkup dan seperti posisi tangan sedang menengadah berdoa,” imbuh Romani.

Sementara itu, keunikan dan keanehan buah jeruk ini menurut warga karena tidak seperti buah jeruk purut lainnya.

Detia Barka Fitriah, siswa sekolah dasar yang penasaran dengan buah jeruk ini mengaku heran dengan bentuknya yang tidak lazim. “Bentuknya unik dan aneh jadi penasaran,” katanya.

Hampir setiap hari puluhan warga bukan hanya dari wilayah Boja melihat keunikan dan keanehan buah jeruk ini.

Pemilik tanaman menyediakan kotak amal bagi warga yang ingin melihatnya. Uang yang dikumpulkan dari kotak amal ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan jembatan penghubung desa yang rusak.

Namun Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kendal, Sri Purwati mengatakan jenis jeruk yang menghebohkan warga Boja ini merupakan jenis jeruk tangan buda yang sudah dikembangkan di daerah lain.

“Jeruk seperti itu memang ada jenisnya, namanya jeruk tangan buda,” katanya.

 

 

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer