Jika Ditanam Gelas Kopi Ini Bisa Tumbuhkan Pohon

jika-ditanam-gelas-kopi-ini-bisa-tumbuhkan-pohon

HarianDepok.com – Berita Unik – Berapa gelas kopi yang Anda minum setiap hari? Faktanya, rata-rata orang Amerika menggunakan lebih dari tiga gelas kopi kertas setiap hari. Bisa dibayangkan berapa banyak sampah gelas kertas yang diproduksi di dunia? Tentu saja, gelas kertas tak akan banyak berbahaya untuk lingkungan. Namun bagaimana dengan gelas sterofoam?

Sebuah start-up asal California menemukan cara untuk mengurangi polusi dan menghijaukan lingkungan dengan gelas kopi. Mereka memproduksi gelas kopi yang bisa ditanam di tanah setelah digunakan dan menumbuhkan pohon. Bagaimana bisa? Perusahaan yang bernama Reduce. Reuse. Grow ini membuat gelas kopi dari kertas yang pada seratnya terdapat benih pohon. Ketika ditanam, benih tersebut akan menumbuhkan pohon dalam waktu tertentu.

Saat ini hanya ada benih tumbuhan yang cocok untuk ditanam di California. Namun selanjutnya perusahaan tersebut akan memproduksi gelas kopi yang mengandung benih yang cocok untuk ditanam di wilayah lokal lainnya, seperti dilansir oleh The Mind Unsleashed (22/05).

Gelas kopi tersebut akan diurai dalam waktu 180 hari dan paling tidak akan menumbuhkan satu tanaman dan pohon. Dengan menggunakan gelas kopi ini, Anda tak hanya mengurangi polusi gelas kertas, setrofoam, atau plastik, tetapi bisa membantu penghijauan di sekitar kita.

Benih tersebut akan tumbuh menjadi pohon yang hidup hingga 40 tahun dan memberikan asupan oksigen, serta membantu mengurangi polusi udara. Hingga saat ini sudah ada sekitar 140.000 gelas yang ditanam di California. Sayangnya, produk gelas ini masih belum tersedia di Indonesia.

 

 

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer