Pemerintah Berencana Akan Bangun Pelabuhan Besar di Sorong

Pemerintah Berencana Akan Bangun Pelabuhan Besar di Sorong

ilustrasi

HarianDepok.com – Bisnis – Ekonomi , Di kawasan Indonesia Timur, tepatnya di Sorong, Papua sudah siap dibangun sebuah pelabuhan besar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelabuhan tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 7.000 hektare (ha) menyusul dilakukannya peletakan batu pertama (groundbreaking) pelabuhan dan zona industri di Makassar. Dalam sambutannya pada acara Trade & Investment Forum: East  Jokowi mengungkapkan bahwa potensi Indonesia ?Timur dari sisi investasi dan perdagangan sangat besar.

Tetapi daerah tersebut memerlukan pembangunan infrastruktur pendukung.  “Yang kita butuhkan hanyalah infrastruktur, bukan yang lain. Maka dari itu pada hari Jumat lalu, kita sudah mulai groundbreaking pelabuhan Makassar dan zona industri dengan luas 2.000 ha,” tuturnya di Jakarta, Senin (25/05/2015). Jokowi menjelaskan lebih jauh, di Sorong  pemerintah akan mulai membangun pelabuhan besar. Menurut dia, ini bukan pelabuhan lama, tapi pelabuhan baru yang lokasinya sekitar 30 Kilometer (Km) dari pelabuhan lama.

“Pelabuhan besar di Sorong itu luasnya 7.000 ha. Dan nanti di dalamnya akan disedikan pelabuhan, kawasan industry, dan power plant (pembangkit listrik). Dengan cara seperti inilah Indonesia Timur akan berkembang dengan cepat dan jauh lebih baik,” ujarmya.  Tidak hanya itu, Jokowi mengungkapkan, pemerintah juga akan mengembangkan dan membangun pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara (Sumut), Tanjung Perak, Makassar , dan pelabuhan Tanjung Priok.”nanti semua  standarnya akan sama, jadi kapal besar dapat merapat semua,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: