Beralih ke Tizen, Samsung “Cerai” dari Android?

Kesuksesan bersama Android tampaknya tak membuat Samsung cukup puas. Kabar terakhir menyebutkan, Samsung justru akan membelot ke sistem operasi Tizen.

Dilansir digitalspy, Samsung bahkan akan meluncurkan produk berbasis Tizen tahun ini juga. Tak hanya itu, perusahaan asal Korea Selatan itu juga berniat memperbanyak jajaran produk itu sesuai keinginan pasar.

Tizen Association didirikan Januari tahun lalu oleh sejumlah eksekutif Samsung, Intel, NTT DoCoMo, dan Vodafon Group. Tizen didirikan sebagai sistem operasi mobile berbasis open source.

Keputusan ini diambil Samsung disinyalir berawal saat Google Android mengakuisisi Motorola Mobility. Meski Google tak menyebutkan Motorola nantinya akan jadi fokus pengembangan Android, Samsung tampaknya punya penilaian lain untuk itu.

Seorang analis dari KB Investment & Securities di Seoul, Byin Han Joon bahkan menyebutkan, keputusan Samsung ini dapat meringankan ketergantungan dari Google. Terlebih, pasar smartphone diprediksi melemah karena akuisisi yang dilakukan Google terhadap Motorola.

DN

author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)