Rieke Diah Pitaloka, Tokoh Muda Karakteristik Harapan Warga Depok

Rieke Diah Pitaloka, Tokoh Muda Karakteristik Harapan Warga Depok

HarianDepok.com – Berita , Anggota DPR sekaligus artis cantik Rieke Diah Pitaloka saat ini berada di urutan puncak sebagai kepala daerah yang diinginkan oleh warga Kota Depok. Hal ini berdasarkan hasil survei dari Indonesia Strategic Institute (Instrat). Adi Nugroho sebagai Peneliti Instrat mengungkapkan, pihaknya sudah melaksanakan survei persepsi publik Kota Depok yang telah melibatkan 400 warga berusia minimum 17 tahun dan mempunyai identitas sebagai warga kota Depok.

Instrat menggelar survei untuk mendapatkan gambaran kepala daerah yang diharapkan oleh masyarakat serta mengukur tingkat popularitas dan elektabilitas tokoh yang mungkin akan dicalonkan atau mencalonkan diri pada Pilkada Kota Depok nanti. Adi melanjutkan, berdasarkan pertanyaan top of mind, ada empat kandidat kuat calon yang diperkirakan mempunyai kekuatan yang cukup berimbang. Diantaranya yakni Rieke Diah Pitaloka, , Idris Abdul Shomad, Imam Budi Hartono dan Babai Suhaemi.

Seperti yang diungkapkan Adi, Minggu (25/05/2015), “Dari hasil survei yang telah kami gelar, Rieke Diah Pitaloka berada pada urutan pertama sebagai kepala daerah yang diharapkan oleh warga dengan raihan sebesar 10 persen. Kemudian diikuti oleh Babai Suhaemi sebesar 8,6%, Idris Abdul Shomad sebesar 8%, Imam Budi Hartono sebesar 7,8%, dan lainnya masing-masing hanya berkisar 1%. Sayangnya sebesar 57% responden belum tahu akan dilakukan Pilkada Kota Depok,” ujarnya.

Adi menyebutkan, untuk sebaran elektabilitas terhadap masing-masing calon seperti Rieke Diah Pitaloka, Imam Budi Hartono dan Babai Suhaemi relatif seimbang dengan persentase komposisi jumlah anggota dewan masing-masing partai. Ini merefleksikan suara pemilih masih cenderung berada pada konsentrasi kantung suara masing – masing partai.

“Ketiganya merupakan tokoh muda yang memiliki peluang kompetitif untuk dapat memenuhi karakteristik harapan dari publik dari seorang wali kota. Tetapi tetap mempertimbangkan Rieke sebagai tokoh nasional yang sempat ikut mencalonkan di Pilkada Jawa Barat yang levelnya bisa dinilai lebih tinggi, lalu Rieke urung dicalonkan, maka akan ada perubahan pilihan,” tuturnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok