PM Bangladesh Akan Hukum Imigran Karena Sudah Mencoreng Nama Negara

PM Bangladesh Akan Hukum Imigran Karena Sudah Mencoreng Nama Negara

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina mengungkapkan, bahwa orang-orang yang telah meninggalkan Bangladesh secara tidak sah sudah mencoreng nama negara di dunia internasional. Begitulah yang disebutkan BBC. Ia menggambarkan orang-orang tersebut sebagai para pencari keberuntungan dan harus mendapatkan hukuman yang berat, sama dengan pihak-pihak yang mengatur perjalanan mereka.

Seperti yang dikutip BBC, Senin (25/05/2015) “Harus ada hukuman bagi orang-orang yang meninggalkan negara secara tidak sah. Karena mereka sudah mencoreng nama negara serta membuat nyawa mereka sendiri terancam,” ujar PM Hasina. Ia menambahkan, “Masih banyak lapangan pekerjaan bagi mereka, tapi mereka tetap saja meninggalkan negara dengan cara-cara yang sangat berbahaya,” ucapnya.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, ribuan warga Bangladesh dan Rohingya dari Myanmar melakukan perjalanan yang memiliki banyak risiko mengarungi Teluk Benggala menuju Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Motif orang-orang dari Bangladesh adalah lari dari kemiskinan, sedangkan yang dari Myanmar karena ingin menghindari dari penindasan oleh pemerintah di sana. Tidak sedikit di antara mereka yang diprediksi masih berada di tengah laut. Pada Minggu (24/05/2015) kemarin, pemerintah Malaysia menyebutkan telah menemukan apa yang mereka duga sebagai kuburan massal para imigran.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: