Jalur Kereta Pantura Sempat Lumpuh, Akibat Tabrakan Kereta di Cirebon

 Jalur Kereta Pantura Sempat Lumpuh, Akibat Tabrakan Kereta di Cirebon

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Jalur kereta api di Pantura pada Sabtu (23/05/2015) malam sempat mengalami kelumpuhan, sehingga perjalanan kereta yang lain harus dialihkan ke jalur selatan. Lumpuhnya jalur kereta di Pantura disebabkan oleh tabrakan antara kereta Bangunkarta dan kereta barang di Stasiun Waruduwur, Mundu, Kabupaten Cirebon, Sabtu (23/05/2015). Awal mula kejadiannya ketika kereta Bangunkarta yang dari Jakarta menuju Surabaya berangkat dari Stasiun Kejaksan, Cirebon, sekitar pukul 18.30 WIB.

“Keberangkatan kereta ini sebelumnya mengalami sedikit keterlambatan, yang semestinya pukul 17.52 WIB,” ujar Supriyanto, Manager Corporate Communication PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon. Sekitar pukul 18.40 WIB, ketika hendak melewati Stasiun Waruduwur, tiba-tiba Bangunkarta menabrak kereta barang yang sedang berhenti di jalur. Kereta barang tersebut melalui Stasiun Kejaksan sekitar pukul 18.00 WIB.

Tetapi, menurut Supriyanto, kereta Bangunkarta sebenarnya sudah berada di jalur yang benar, yakni pada jalur 3. “Jadi sampai saat ini penyebab pasti kecelakaan ini masih diselidiki,” ujar Supriyanto. Kecelakaan ini menyebabkan satu lokomotif Bangunkarta dengan kode CC 2061323 terguling. sementara empat gerbong lain, yakni gerbong pertama samapi gerbong keempat, anjlok. Sedangkan kereta barang yang membawa besi, mengalami dua gerbong anjlok.

Saat ini para penumpang kereta Bangunkarta telah dievakuasi ke Stasiun Waruduwur. Mereka pun akan kembali dibawa ke Stasiun Kejaksan dan akan diangkut memakai kereta menuju Surabaya melalui jalur selatan. Sementara penumpang yang tidak melalui jalur selatan akan diangkut memakai bus. Pasca peristiwa tersebut, sempat semua kereta api yang melalui jalur Pantura dialihkan-

ke jalur selatan. Namun saat ini, Senin (25/05/2015) jalur kereta pantura sudah kembali normal. Supriyanto menyebutkan, dalam insiden tersebut menyebabkan satu korban luka, dan saat ini tengah dirawat di RS Ciremai, Cirebon. Korban tersebut adalah seorang karyawan PT Dewata atas nama Sarwani, berusia 33 tahun, yang beralamat di Kelapa Dua, Depok.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok