Tanker Sewaan Selundupkan Minyak Pertamina, Ini Kata Pengusaha Kapal

HarianDepok.com – Berita Nasional – Pekan lalu, Ditjen Bea Cukai menangkap tanker bernama MT Jelita Bangsa milik PT Trade Martirim Tbk yang berusaha menyelundupkan minyak mentah 60 ribu ton. Kapal ini merupakan sewaan Pertamina. Apa kata pengusaha perkapalan soal hal ini?

Ketua Umum DPP INSA (Asosiasi Pemilki Kapal Nasional Indonesia) Carmelita Hartoto mengatakan, penyelundupan ini merupakan ulah oknum, bukan kesalahan pemilik kapal.

Menurut Carmelita, pemilik kapal tidak akan sampai bertindak sejauh itu. Alasannya, Trade Maritim merupakan perusahaan besar yang terdaftar di pasar bursa saham.

“Saya tetap yakin pemilik kapal tidak salah, itu yang nakal oknum, bisa kru kapal bisa juga kapten kapal,” ucap Carmelita kepada detikFinance, Selasa (10/6/2014).

Ia mengatakan, pemilik kapal juga menderita kerugian yang besar, karena kapal miliknya harus ditahan oleh aparat Bea Cukai. “Pemilik kapal justru rugi besar juga, karena itu kapal ditahan, itu kan biaya juga, kapalnya tidak bisa digunakan,” ucapnya.

Carmelita juga meminta agar PT Pertamina (Persero) tidak melakukan blacklist serta pemutusan kontrak, karena perusahaan kapal tidak salah.

“Apalagi kalau diputus kan kasihan perusahaannya, sudah tidak salah malah di-blacklist, kan yang salah oknum, itu perusahaan nasional, sudah sulit sekarang ini perusahaan nasional berkibar kalah bersaing dengan yang asing,” tutupnya.

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer