Bus TransJabodetabek Belum Datang, Dishub Kota Depok Bimbang

Bus TransJabodetabek Belum Datang, Dishub Kota Depok Bimbang

HarianDepok.com – Berita , Kurangnya pengawasan keamanan dan kenyamanan pada angkutan kota Depok oleh pemerintah daerahnya membuat masyarakat Depok bermigrasi menggunakan kendaraan pribadi untuk sarana transportasi sehari hari. Hal ini justru membuat jalan jalan di kota Depok semakin padat dan sering terjadi kemacetan yang luar biasa parah.

Minimnya petugas petugas keamanan dari instansi pemerintah daerah terkait disebut sebut sebagai salah satu penyebabnya. Namun, pemerintah kota Depok kini masih terus berupaya membenahi kotanya agar dapat menciptakan kotanya yang nyaman, aman dan  menjadi percontohan untuk kota kota besar lainnya.

Salah satu upaya untuk menekan tingkat kemacetan di kota Depok, Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok sejak bukan April lalu sudah berupaya untuk mengadakan bus bus Transjabodetabek agar bisa beroperasi di kota Depok yang diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakatnya untuk beralih lagi menggunakan angkutan kota sebagai sarana transportasinya sehari hari.

Namun Dishub kota Depok dalam upayanya tersebut saat ini masih terhambat oleh adanya permasalahan tentang pengadaan bus bus transjabodetabek yang hingga kini masih menunggu kepastian dari Kementerian Perhubungan kapan akan dioperasikan.

“Ya, kami masih menunggu kapannya bus bus ini akan beroperasi,” ujar Kepala Dinas Perhubungan kota Depok, Gandara Budiana.

Selain untuk merubah kebiasaan masyarakat kota Depok untuk beralih menggunakan transportasi massal, pengadaan bus bus transjabodetabek ini pun dimaksudkan untuk menekan tingginya kemacetan yang terjadi di kota Depok. Tak hanya itu saja, upaya Dishub kota Depok dalam hal tersebut guna mempermudah masyarakat Depok jika ingin berpergian ke kota lain seperti, kota Jakarta.

Rencananya, untuk rute bus bus transjabodetak ini, akan dioperasikan mulai dari Depok sampai dengan Cawang dengan melewati beberapa jalan seperti jalan Margonda Raya, Juanda, Jalan Tol Cijago. Diketahui untuk jalur bus transjabodetabek ini tidak dibuat sedemikian rupa seperti busway milik Pemprov DKI Jakarta, mengingat jalan jalan di kota Depok belum mumpuni akibat kepadatan arus lalu lintasnya yang tinggi.

“Untuk jalurnya sendiri sih belum dipisahkan, masih menggunakan jalur umum soalnya arus lalu lintasnya padat sekali. Untuk kedepannya kemungkinan bus transjabodetabek ini akan dibuatkan jalur khusus seperti halnya bus transjakarta jika memang sudah dianggap diperlukan,” tandasnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)

One Response

  1. author

    Diana Putri2 years ago

    bawahan itu bagaimana atasan aja mungkin yaaa, terimakasih beritanya membuat saya makin tau, terimakasih…

    Reply

Leave a Reply