Berikut Ciri-Ciri Beras Plastik dengan Beras Asli

Berikut Ciri-Ciri Beras Plastik dengan Beras Asli

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Dari pengalaman Dewi Seftiani, seorang pemilik warung nasi uduk di kawasan ruko Granade Blok F19 No 37 Kelurahan Mustikajaya, Bekasi, Jawa Barat ini menceritakan pengalamannya ketika menemukan beras sintetis sehingga peredaran beras plastik itu terbongkar. Dewi mengungkapkan bahwa ada tiga perbedaan yang mencolok dari beras palsu itu dengan beras yang asli.

  1. Wujudnya

Wujud beras sintetis jika dipegang agak licin. Sedangkan beras yang asli akan terasa kasar.

  1. Warna

Dari segi warna beras sintetis lebih berwarna putih dan terlihat bersih. Berbeda dengan warna beras asli yang berwarna putih tapi sedikit keruh. ”Butiran beras yang baru saya beli terlihat bening tanpa kotoran dan warnanya pun sangat mencolok. Kalau beras asli, di dalam butiran akan terlihat warna putih kecil di tengah-tengah,” ujarnya. ”Jika dilihat dengan sekilas, memang sama. Tapi, jika dilihat lebih teliti lagi, akan terlihat perbedaannya,” lanjut Dewi.

  1. Menggumpal Setelah Dimasak

Perbedaan yang sangat mencolok saat dimasak. Dewi menyebutkanbahwa beras plastik akan menggumpal setelah menjadi nasi. Jika dipegang, akan terasa lembek tapi kenyal. ”Setelah jadi nasi, kok saya lihat bentuknya beda, nggak seperti nasi pada umumnya,” tutur Dewi ketika ditemui di warungnya.

[ TaufikHidayat/ HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok