Walikota Depok Umrah, Proses Pencairan Dana Pilkada Terganggu

Walikota Depok Umrah, Proses Pencairan Dana Pilkada Terganggu

HarianDepok.com – Berita , Hijrahnya Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail ke tanah suci Mekah untuk melakukan ibadah umrah, membuat beberapa hal yang sangat penting untuk kemajuan kota Depok menjadi terhambat. Hal ini sangat disayangkan oleh berbagai kalangan politik di tanah air. Pasalnya hingga kini, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk mencairkan dana anggaran penyelenggaraan Pilkada Depok belum ditanda tangani oleh Walikota dikarenakan perihal tersebut.

Ketua DPRD kota Depok, Hendrik Tangke Allo dalam tanggapannya mengenai hal ini mengaku sangat menyayangkan penundaan itu.” Semestinya NPHD sudah di approve dan di tandatangani  sejak 22 April lalu,” ungkap Hendrik.

Untuk menyelenggarakan Pilkada di kota Depok, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok sudah menetapkan anggaran kebutuhannya sebesar Rp.49 miliar dan nantinya teknis pencairan dana tersebut akan dibagai menjadi dua tahap. Tahap pertama yaitu sebesar Rp.37 miliar melalui NPHD yang semestinya telah dilaksanakan sejak tanggal 22 April bulan lalu. Dan sisanya, akan dicairkan setelah diadakannya pembahasan mengenai anggaran biaya tambahan pada September mendatang.

Apabila penundaan pencairan anggaran Pilkada 2015 nanti terus terjadi, dikhawatirkan akan dapat menghambat kinerja instansi instansi terkait dalam mempersiapkan segala kebutuhan Pilkada yang sebentar lagi akan berlangsung.

Hendrik mengatakan, jika memang ada urusan seperti ini harusnya beliau melakukan disposisi sehingga penandatanganan NPHD dapat dilakukan tepat waktu.” Jika saja pada bulan kemarin masalah ini dikoordinasikan dengan baik kepada seluruh jajaran pemerintahan kota Depok dan melakukan disposisi untuk penandatanganan mungkin saat ini dana itu sudah bisa dicairkan,” ujarnya.

Menurut informasi, DPRD kota Depok akan mempertanyakan perihal keterlambatan penandatanganan NPHD ini kepada Walikota Depok langsung setelah usainya ibadah umrah yang tengah dilakukannya saat ini. Hal ini sengaja akan dilakukan oleh pihak dewan, lantaran kinerja KPU kota Depok menjadi terganggu lantaran terhambatnya penandatanganan tersebut.

Di lain pihak, oknum pemerintah kota Depok yang enggan disebutkan namanya itu mengaku bahwa memang benar bahwa Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail tengah cuti untuk menjalankan ibadah umrah.”Iya mas, beliau cuti untuk melakukan ibadah umrah, cuma saya engga tau kapan pulangnya,”.katanya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)