Tak Mau Menikah Muda Gadis Ini Didenda Rp 326 Juta

tak-mau-menikah-muda-gadis-ini-didenda-rp-326-juta

HarianDepok.com – Berita Unik – Nasib malang diterima Santadevi Meghwal, gadis 19 tahun asal desa terpencil Rochihan Khurd di Negara Bagian Rajashtan, India. Pekan ini, keluarganya didenda dewan adat setempat sebesar 1,6 juta Rupee (setara Rp 326 juta) lantaran menolak menikah muda. Meghwal dan keluarganya dianggap melanggar adat lantaran membatalkan pernikahan yang sudah diatur sejak gadis itu masih bayi,

Seperti dilansir Emirates247, Minggu (17/5), Meghwal sudah dinikahkan sejak umur 11 bulan dengan bayi lelaki dari desa yang sama. Sampai akil baligh, pernikahan ini tak pernah diceritakan padanya.

Barulah ketika Meghwal ingin kuliah, ayah dan ibunya menceritakan pernikahan dini tersebut. “Saya tidak mau menikah, saya ingin jadi guru,” ujarnya saat diwawancara Stasiun Televisi CNN-IBN.

Luluh mendengar keinginan putrinya, Padmaram sempat membujuk keluarga besannya membatalkan pernikahan tersebut. Tapi keluarga Meghwal dianggap merusak tatanan. Bahkan warga satu kampung sepakat memberi denda mahal pada keluarga malang miskin.

“Warga desa terus mendesak agar putri kami menikah,” kata Padmaram.

Beruntung, isu ini menyebar ke seluruh India. Sebuah LSM bernama Sarathi Trust, kini telah mendampingi keluarga Meghwal. Para pegiat pun akan balik menggugat Dewan Adat Rochihan karena memaksakan pernikahan dini.

Aturan federal India melarang anak di bawah 18 tahun menikah. Nyatanya, di banyak Negara Bagian, termasuk Rajashtan, tradisi menikahkan bayi masih jamak terjadi. Data 2014, sebanyak 47 persen populasi perempuan di Negeri Sungai Gangga telah menikah sebelum berusia 20 tahun.

 

 

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer