Jajanan di Sekolah Sekolah Dasar Kota Depok Diindikasikan Mengandung Zat Zat Kimia Berbahaya

Jajanan di Sekolah Sekolah Dasar Kota Depok Diindikasikan Mengandung Zat Zat Kimia Berbahaya

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah kota Depok melalui Dinas Kesehatannya pada beberapa hari yang lalu tengah menjalankan pengambilan sampel jajanan di 33 sekolah sekolah dasar di wilayah kota Depok. Hal ini dilakukan karena banyaknya laporan mengenai adanya campuran bahan bahan kimia berbahaya di jajanan yang beredar di kota Depok.

Sampel yang diambil untuk dianalisa oleh Dinas Kesehatan kota Depok diambil secara acak di berbagai sekolah sekolah di bilangan kota Depok. Kepala Seksi Pengawas Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Kota Depok, Sih Mahayanti mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah mengambil beberapa sampel jajanan yang dijajakan di sekolah sekolah Dasar kota Depok.

Setelah sampel jajanan didapat, kemudian akan langsung dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pengecekan tentang kandungan yang terdapat didalamnya. Ungkap Sih saat ditemui oleh rekan media, Minggu (10/05/2015).

“Nah dari hasil test tersebut barulah kita tahu, bahan bahan kimia apa saja yang terkandung. Apakah aman untuk dikonsumsi atau tidak,” ucapnya.

Diketahui, banyaknya para penjaja jajanan di sekitaran sekolah sekolah Dasar yang nakal dengan mencampurkan zat kimia tak layak konsumsi menjadi salah satu penyebab terjadinya penurunan kinerja otak dan organ organ tubuh anak sehingga bisa menyebabkan resiko kanker dan yang lainnya.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan kota Depok langsung turun kelapangan guna mencegah adanya jajanan yang tak layak konsumsi yang mengandung borax, pewarna tekstil, tawas dan pemutih pakaian.

Kepala Dinas Kesehatan, Lies Karmawati mengatakan untuk pengawasan terhadap jajanan yang ada di sekolah sekolah akan terus dilakukan secara rutin dengan maksud, untuk mencegah meluasnya jajanan yang mengandung bahan bahan kimia berbahaya.

Tak hanya disitu saja, Lies juga sangat mengharapkan adanya partisipasi dari sekolah dan masyarakat untuk membantu mencegah peredaran jajanan berbahaya tersebut. Sehingga generasi generasi penerus kota Depok dapat terselamatkan dan berkembang dengan baik tanpa harus khawatir dengan adanya jajanan berbahaya. (Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)