Pedagang Pasar Johar Minta Pinjaman Untuk Memulai Usaha Kmbali

Pedagang Pasar Johar Minta Pinjaman Untuk Memulai Usaha Kmbali

foto : simomot.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel melakukan dialog dengan para pedagang Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah yang kiosnya terbakar pada Sabtu (09/05/2015) lalu. Para pedagang meminta pinjaman sementara untuk memulai usaha kembali pada menteri dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Berdasarkan permintaan tersebut, Rachmat Gobel dan Ganjar Pranowo berjanji akan segera mendirikan pasar darurat untuk para pedagang agar ada aktivitas perdagangan sebelum masuk bulan ramadhan.

“Jangka pendek adalah kita persiapkan lokasi untuk pasar darurat. Apalagi kan kita sebentar lagi memasuki bulan ramadhan dan lebaran,” ucap Rachmat Gobel. Para pedagang Pasar Johar juga meminta agar pasar darurat didirikan di lokasi bekas kebakaran agar pelanggan tidak lari. Seperti yang dikatakan Yetti, salah seorang pedagang Pasar Johar, “Kalau sementara sebelum Lebaran, saya minta tempatnya di  situ dulu, nanti setelah Lebaran mau ditempatkan dimana ikut aja dari atasan,” ucapnya.

2 hari setelah kebakaran, para pedagang Pasar Johar Semarang masih berupaya menyelamatkan apa saja yang masih dapat dijual atau dipakai. Walau sudah 2×24 jam, tetapi masih ada saja titik api di dalam pasar yang terbakar. Sampai sekarang polisi masih mengoptimalkan penyelidikan penyebab terbakarnya pasar ini. Sedangkan pembangunan Pasar Klewer, Solo yang terbakar 5 bulan lalu sampai saat ini belum juga selesai.

Saat ini para pedagang untuk sementara berjualan di alun-alun utara Keraton Kasunanan Surakarta memakai mobil pribadi sebagai pengganti kios. Semenjak Pasar Klewer terbakar akhir Desember lalu para pedagang belum mendapat kepastian kapan dapat berjualan lagi dengan nyaman di pasar darurat. Sementara pembangunan pasar darurat Pasar Klewer dipastikan belum selesai dalam minggu-minggu ini. Padahal pemerintah Kota Solo telah menargetkan 1 bulan pasca kebakaran akan tersedia pasar darurat untuk 1.523 pedagang Pasar Klewer.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok