Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Perempuan

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Perempuan

HarianDepok.com – Kesehatan , Kesuburan wanita akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia. Akan tetapi, faktor eksternal lain dan gaya hidup juga bisa mempengaruhi kesempatan perempuan untuk mempunyai bayi yang sehat. Seperti yang dikatakan Francisco Arredondo, MD, seorang ahli endokrinologi dan spesialis kesuburan di San Antonio, Texas, “Perempuan yang ingin mendapatkan kesempatan mereka untuk hamil sering tidak mengetahui hal terbaik apa yang meski dilakukan atau apa yang harus diwaspadai,” Seperti yang dilansir Health.com, berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita.

  1. Bahan kimia dari produk rumah tangga

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives pada tahun 2013 lalu, paparan pestisida, polutan, dan senyawa industri bisa menurunkan kemampuan pasangan untuk mempunyai anak sampai 29 persen.

  1. Obesitas

Kenaikan berat badan bisa mempengaruhi produksi hormon sehingga membuat wanita sulit hamil. Dari hasil sebuah studi yang diterbitkan dalam Fertility and Sterility pada 2009 lalu, para peneliti menemukan bahwa perempuan yang mengalami obesitas pada usia 18 tahun lebih mungkin mengembangkan sindrom ovarium polikistik dan mempunyai masalah dengan infertilitas.

  1. Terlalu kurus

Serupa dengan kelebihan berat badan, terlalu kurus juga bisa mempengaruhi kesuburan wanita. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University pada tahun 2009, perempuan yang mempunyai indeks massa tubuh yang sangat rendah maka akan kekurangan leptin, hormon yang mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang. Kadar leptin yang rendah bisa mengganggu periode menstruasi,.

  1. Alkohol

Memeang belum ada bukti bahwa minum beberapa gelas alkohol dalam seminggu bisa mempengaruhi kesuburan perempuan, namun dokter memperingatkan bahwa minum lebih dari satu gelas alkohol sehari telah dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan ovulasi. Sementara menurut sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada tahun 2004, pada lebih dari 7.000 wanita selama 18 tahun, menemukan bahwa pecandu alkohol lebih sering bermasalah dengan infertilitas.

  1. Merokok

Menurut American Society for Reproductive Medicine, merokok bisa merugikan janin yang sedang berkembang, paparan asapnya juga bisa mempengaruhi peluang perempuan untuk hamil. Tiga belas persen dari kasus infertilitas disebabkan oleh paparan asap rokok. Asap rokok bisa mengganggu hormon dan menyebabkan kerusakan DNA pada pria dan wanita.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: