Sekda Depok Turun Jabatan Jadi Distankan

Sekda Depok Turun Jabatan Jadi Distankan

HarianDepok.com – Berita , Sebanyak 10 pejabat atau pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah dilantik oleh Walikota Nur Mahmudi Ismail, Jumat (08/05/2015), sebagai bentuk promosi dan mutasi jabatan.Dalam promosi dan mutasi jabatan itu, anehnya Nur Mahmudi menurunkan jabatan Ety Suryahati yang sebelumnya menjabat sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Depok, menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok. Karena sebelumnya jabatan Kepala Distankan Depok kosong.

Akibat hal ini, untuk sementara jabatan Sekertaris Daerah Kota Depok kosong dan menunggu adanya lelang jabatan. Dalam Keputusan Walikota Depok, Nomor 821.2/K/1940/BKD dan 821.2/SK/1941/BKD Tanggal 8 Mei 2015, Bukan hanya Ety Suryahati yang turun jabatan, namun ada juga yang mutasi jabatan yaitu Sri Utomo, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Depok kini menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Depok. Sedangkan jabatan BPMP2T diisi oleh Yulistiani Mochtar.

Menurut Babai Suhaimi, salah seorang anggota DPRD Kota Depok mengatakan, hal ini sangat janggal dan patut dicurigai adanya sesuatu hal yang membuat Walikota Nur Mahmudi menurunkan jabatan Ety yang sebelumnya menjabat Sekda Kota Depok menjadi Kepala Distankan. Babai menyebutkan, pihaknya akan mengkaji hal tersebut dan sangat mungkin untuk memanggil Walikota Depok untuk mengklarifikasi hal itu.

Selain itu, menurut Lisman Manurung seorang pengamat Kebijakan Publik Universitas Indonesia (UI) mengatakan, apa yang sedang terjadi sekarang di jajaran aparatur Pemkot Depok ini pastinya akan mengundang kecurigaan dari masyarakat dan membuat warga Depok menjadi bertanya-tanya. Hal seperti ini juga akan menjadikan suasana di Lingkungan Pemkot Depok tidak kondusif dan akan mengganggu terhadap pelayanan publik.

Menurut Lisman, jabatan Sekda yang merupakan eselon I tidak tepat jika dimutasi menjadi Kepala Distankan yang merupakan eselon II. Persoalan turunnya jabatan Ety yang sebelumnya Sekda menjadi Distankan, Ia pun berharap ada klarifikasi dan alasan yang tepat. Lisman menambahkan, dengan jabatan barunya sebagai Kepala Distankan, Ety Suryahati pasti tidak akan merasa senang sehingga dipastikan tidak akan maksimal dalam memberikan perlayanan ke publik.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok