Penggunaan Ponsel Dapat Merusak siklus tidur janin

Penggunaan Ponsel Dapat Merusak siklus tidur janin

HarianDepok.com – Kesehatan , Dari hasil penelitian terbaru menemukan, bahwa bunyi atau dering dan getaran yang dipancarkan oleh ponsel bisa mengganggu siklus tidur janin. Tapi menurut laporan HealthDay, para peneliti belum mengetahui apakah hal itu dapat mempunyai efek berulang pada janin atau kehamilan. Menurut direktur director of maternal and foetal medicine di Wyckoff Heights Medical Center, Profesor Boris Petrikovsky di New York menyebutkan bahwa ia ingin melihat apa efek ponsel terhadap bayi yang belum lahir.

Seperti yang dilansir Daily Mail, Selasa (05/05/2015) “Suara dan getaran mungkin saja bisa menyebabkan kejut refleks yang bisa mengganggu siklus tidur normal janin,”  Sebagai bagian dari studi ini, Dr Petrikovsky dan timnya melacak 28 orang yang berada di trimester ketiga kehamilan mereka (sekitar tujuh hingga sembilan bulan). Kemudian mereka menganalisis bagaimana janin bereaksi pada pemakaian ponsel yang berulang.

Sejumlah 28 wanita hamil dilakukan USG oleh Tim dokter dan menganalisis apa yang terjadi pada bayi mereka saat ponsel mengeluarkan suara. Dari hasil USG mengungkapkan bahwa janin menunjukkan sejumlah reaksi, termasuk berkedip, memutar kepala, dan membuka mulut.

Dari hasil itu para ilmuwan memperingatkan bahwa suara yang relatif rendah seperti suara mesin cuci dan suara televisi yang dihidupkan lirih bisa membahayakan janin bila dibiarkan selama lebih dari beberapa jam. Mereka berpikir bahwa hal tersebut dapat mengubah perkembangan bayi dan balita di bawah usia dua tahun. Kondisi seperti itu diprediksi dapat menciptakan masalah kesehatan di kemudian hari.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: