DPRD Desak Pemkot Depok Tegur Perusahaan Terkait Hak Penyandang Disabilitas

DPRD Desak Pemkot Depok Tegur Perusahaan Terkait Hak Penyandang Disabilitas

HarianDepok.com – Berita , Lahmudin Abdullah yng menjabat sebagai Ketua Komisi D, DPRD Kota Depok, meminta pada Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Dinaskersos) agar memberikan teguran terhadap beberapa perusahaan yang tersebar dikota Depok. Masalahnya, para investor itu dinilai belum maksimal memfasilitasi penyandang disabilitas untuk dijadikan karyawan perusahaan. Akibat hal tersebut, pemberdayaan warga cacat fisik yang sedang diprogramkan pemerintah daerah ini tidak berjalan.

“Kami belum melihat adanya perusahaan yang memberikan hak penyandang disabilitas yang menunjukan karya mereka. Harusnya perusahaan tidak boleh membedakan mereka dengan karyawan lain. Harusnya Dinaskersos memberikan teguran kepada perusahaan yang ada,” ungkapnya Rabu (06/05/2015). Menurut dia, pemberdayaan dan pemberian hak terhadap penyandang disabilitas itu perlu dilakukan. Karena keterbatasan yang mereka miliki tidak bisa mengahalangi untuk berkarya.

Apalagi, belakangan ini banyak bukti peyandang cacat fisik tersebut sudah banyak menghasilkan karya besar. “Contohnya masih ada yang dapat menjadi pelukis, dan masih banyak lagi pekerjaan yang dapat menunjukan bakat mereka. Hal seperti inilah yang terkadang bisa menambah jumlah pengangguran,” ucap Lahmudin.

Lahmudin melanjutkan, Oleh sebeb itu pula Komisi D mendesak Pemkot Depok supaya mendorong sejumlah perusahaan untuk memberikan ruang dan lahan kerja bagi penyandang disabilitas. Bukan hanya itu, pihaknya juga saat ini sedang mendata perusahaan mana saja yang sudah atau belum memfasilitasi karyawannya dari penyandang disabilitas. Kemudian, mereka akan segera berkoordinasi dengan Dinaskersos-

untuk membuat data base mengenai perusahaan dan juga warga penyandang disabilitas yang membutuhkan pekerjaan di perusahaan yang ada di Depok. “Usai kami data, nantinya Dinaskersos akan mengarahkan perusahaan mana yang cocok bagi penyandang disabilitas dan juga sebaliknya warga disabilitas mana yang cocok dengan perusahaan yang mereka minati. Harus dapat bersinergi agar tingkat pengangguran bisa berkurang,” tuturnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: