Hanya Gitaris Yang Mengerti Kode Mencontek Ini

hanya-gitaris-yang-mengerti-kode-mencontek-ini

HarianDepok.com – Berita Unik – Bagi sebagian orang, menghadapi ujian, baik di tingkat sekolah hingga tingkat perguruan tinggi, bisa menjadi suatu hal yang menakutkan. Berbagai cara dilakukan untuk bisa lulus, mulai dari belajar yang giat sampai menempuh cara curang, seperti mencontek.

Yang terakhir, mencontek massal terjadi saat soal ujian untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bocor di Yogyakarta. Bocoran soal tersebut menyebar di grup Line SMA N 3 Yogyakarta.

Tidak cuma di Indonesia, ‘tradisi’ mencontek juga terjadi di luar negeri. Bahkan perbuatan tercela tersebut terjadi di kampus terbaik kedua sejagat, Harvard University di Amerika Serikat.

Seperti dilansir BBC, 125 mahasiswa diduga menggunakan alat komunikasi untuk saling mencontek. Skandal ini memaksa Dewan Pendidikan Kampus menggelar investigasi besar-besaran dipimpin langsung Rektor Jay Harris.

Metode mencontek pun beragam. Salah satunya dengan menggunakan sandi tertentu yang hanya bisa dimengerti para siswa, seperti dilansir situs 9gag.com, situs komedi online yang menampilkan berbagai media visual baik gambar ataupun video.

Seperti dikutip merdeka.com, Selasa (5/5), dalam salah satu gambar yang diunggahnya, 9gag.com menampilkan sandi jawaban yang menggunakan jari. Menariknya, sandi ini hanya dimengerti oleh gitaris, karena menggunakan posisi jari saat menekan kunci gitar. Gambar tersebut menampilkan empat jari yang membentuk kunci gitar A, C, B, dan D.

Sejumlah gitaris pun mengomentari gambar tersebut, salah satunya Robin Malau, gitaris band asal Bandung, Puppen yang kini telah bubar. Dalam akun Facebook pribadinya, dia menulis jika iden ini brilian.

“Brilian. Cara nyontek/ kerjasama di ujian sekolah. Hanya gitaris yang ngerti.”

“Hahahahaha wow!!! I should ve thought of this,” tulis Aylin Kanginnadhi mengomentari tulisan Robin.

Berikut kode yang hanya dimengerti gitaris.

Kunci A

Kunci B

Kunci C

Kunci D

 

 

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer