Warga Sarankan Terminal Depok Jadikan Alun-Alun Kota

Warga Sarankan Terminal Depok Jadikan Alun-Alun Kota

HarianDepok.com – Berita ,  Menurut Babai Suhaimi, Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Depok mengungkapkan, tidak dikerjakannya proyek revitalisasi Terminal Kota Depok yang berlokasi di Jalan Margonda, samping Balai Kota Depok sejak 2011 lalu oleh pengembang PT Andyka Investa, namun pada saat itu kontrak kesepakatan dengan Pemkot Depok sudah terjadi, hal ini menjadikan pertanda ada yang tidak beres dengan rencana proyek ini. Ia melanjutkan, Apalagi kesepakatan atau kontrak yang baru dilakukan Pemkot Depok dan pengembang pada akhir 2014 lalu terkesan secara diam-diam.

Seperti yang dikatakan Babai pada Selasa (05/05/2015), “Sebab kesepakatan itu tidak melibatkan kami di DPRD. Padahal idealnya proyek fasos fasum yang melibatkan komitmen pihak ke 3, harusnya melibatkan kami,”. Ia menambahkan, pihaknya akan memanggil Pemkot Depok dan pengembang dalam waktu dekat ini untuk mengklarifikasi semuanya. Babai melanjutkan, pada dasarnya DPRD Depok meminta agar rencana revitalisasi terminal oleh PT Andyka Investa selaku pengembang dilakukan pengkajian ulang.

Sebab dari sejumlah masukan masyarakat dan para ahli tata kota, lahan dimana lokasi terminal Depok berada, sangat cocok dan sangat ideal untuk dijadikan alun-alun Kota Depok, daripada terminal kerap disalah gunakan menjadi pusat bisnis komersil, apalagi apartemen dan hotel. “Jadi jika berdasarkan kepentingan masyarakat Kota Depok, lahan di terminal itu lebih baik dijadikan Alun-Alun Kota Depok. Fungsinya akan menjadi ruang publik dan ruang terbuka hijau, serta ruang interaktif warga” ujar Babai.

Babai melanjutkan, Apalagi Kota Depok tidak mempunyai Alun-Alun seperti sejumlah kota lainnya di Jawa Barat. “Karenanya masukan warga untuk menjadikan lahan di mana terminal berada menjadi Alun-alun, sangat banyak kami terima,” terang Babai. Namun apakah masukan menjadikan lahan terminal sebagai Alun-alun Kota Depok akan diperjuangkan, Babai menyebutkan akan mengupayakannya dengan terlebih dulu mengenai kesepakatan baru revitalisasi terminal yang akan dilakukan Pemkot Depok dan pengembang.

Babai menyatakan, seandainya lahan terminal dijadikan Alun-alun Kota, maka keberadaan terminal semuanya bakal dipindahkan ke Terminal Jatijajar di Jalan Raya Bogor, Jatijajar, Tapos, yang saat ini dalam tahap pembangunan. Rencananya terminal ini akan menjadi terminal besar sekelas Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. “Jadi kita lihat saja nanti. Yang pasti, kami di DPRD akan mengklarifikasi terkait kesepakatan baru antara pengembang dan pemkot depok soal revitalisasi terminal Depok ini,” ungkapnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: