Polisi Tangkap Pencuri Lukisan Seharga Rp5 Miliar di Depok

Polisi Tangkap Pencuri Lukisan Seharga Rp5 Miliar di Depok

HarianDepok.com – Berita , Kedua pelaku pencuri lukisan seharga Rp5 miliar berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian Polda Metro Jaya. Para pelaku mencuri lukisan karya maestro Affandi Koesoema di rumah korban mendiang Widjojo Nitisastro. Tersangka pertama Asep Kurnia (31), ditangkap di kediamannya di Dusun Pon, Kelurahan Setianegara, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat. Sementara pelaku kedua Irwan Perwito ditangkap di kediamannya di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Menurut Kombes Heru Pranoto, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menyebutkan, Irwan kesehariannya bekerja di rumah korban. Keluarga korban pun tidak mencurigai jika Irwan akan mencuri lukisan tersebut. “Irwan sudah biasa keluar masuk rumah korban. Jadi, keluarga tidak mencurigai dan ketika itu kondisi rumah sedang kosong,” ucap Heru, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (05/05/2015). Irwan di rumah korban bekerja sebagai pekerja lepas untuk memperbaiki instalasi listrik dan pendingin ruangan.

Lukisan tersebut di palsukan terlebih dulu, sebelum akhirnya di curi Irwan. Untuk memalsukan lukisan tersebut, Ia terlebih dulu meminta bantuan pada Asep. Setelah itu lukisan palsu ia letakkan di rumah korban, Sementara yang aslinya ia bawa kabur. “Irwan memerintahkan Asep untuk membawa kabur lukisan tersebut ke Depok. Butuh waktu selama delapan jam untuk menduplikatkan Lukisan tersebut. Kejadian ini terjadi pada 2006 silam,” ucap Heru.

Wijaya Laksmi Kusuma Ningsih yang merupakan anak Widjojo, ketika melihat lukisan asli tengah dilelang lewat internet, ia baru sadar bahwa lukisan yang ada di rumahnya itu palsu. Dia pun segera melaporkan hal tersebut pada pihak yang berwajib. Petugas pun berhasil mengamankan beberapa barang bukti, diantaranya satu lukisan potret diri karya Affandi dan satu buah lukisan potret gambar Barong karya Sunaryo. Para tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP dengan hukuman tmaksimal ujuh tahun penjara.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok