Ini Dugaan Penyebab Ruko Ambruk di Samarinda, Kontraktor Kurangi Mutu

HarianDepok.com – Berita Nasional – Bangunan ruko 3 lantai di Jl Jenderal A Yani, Samarinda, Kalimantan Timur, ambruk pagi tadi. Kontraktor pelaksana diduga kuat mengurangi mutu konstruksi.

Berbagai instansi teknis diantaranya Dinas Pekerjaan Umum Kota Samarinda, langsung terjun ke lokasi. Kondisi konstruksi mengejutkan mereka yang tiba di sekitar lokasi bangunan ambruk.

Mereka melakukan pengamatan struktur konstruksi ruko tiga lantai dengan panjang 100 meter dan lebar 50 meter itu. Ruko itu memang terbagi 2 sisi namun yang ambruk berada di jalan masuk Perum Cendrawasih Permai sepanjang 100 meter dan lebar 25 meter.

“Kasat mata ada deviasi perencanaan dan pelaksanaan. Deviasi atau perbedaan dilakukan kontraktor dengan memperkecil besi tulangan, mengurangi campuran semen,” kata Kepala Badan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda, Dadang Airlangga, kepada detikcom di lokasi kejadian, Selasa (3/6/2014).

Tim Pemkot Samarinda pun sempat mengamankan desain bangunan yang didapat mereka dari direksi kit proyek ruko itu. Desain struktur bangunan nantinya akan diserahkan kepada kepolisian untuk keperluan penyelidikan.

“Bangunan ruko ini milik pribadi atas nama Yulianus Ghazali. Sementara kontraktornya ini masih belum tahu, masih kita cari,” ujar Dadang.

“Coba lihat sendiri, bangunan ruko 2 lantai di sebelahnya saja konstruksi pilarnya berukuran lebih besar ketimbang yang ambruk ini. Kami kaji lagi lebih teknis,” sebutnya.

Sementara pengamatan di lokasi kejadian, sekitar pukul 14.25 WITA tadi, 1 orang korban selamat kembali berhasil dievakuasi setelah tim SAR gabungan berjuang keras melakukan proses evakuasi sejak pagi tadi. Seluruh tim SAR gabungan dari pemerintah maupun swasta tiba di lokasi ruko ambruk.

 

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer