Papua Nugini Diguncang Gempa Berkekuatan 7,5 SR Yang Berpotensi Tsunami

Papua Nugini Diguncang Gempa Berkekuatan 7,5 SR Yang Berpotensi Tsunami

HarianDepok.com – berita – Nasional , Papua Nugini siang ini, Selasa (05/05/2015) pukul 11.44 waktu setempat, telah diguncang gempa berkekuatan 7,5 skala Richter (SR). Gempa yang dilaporkan oleh Badan Geologi Amerika Serikat itu diklaim berpotensi menimbulkan gelombang tsunami, pasalnya letak titik gempa berasal dari Samudera Pasifik.

“Gempa berkekuatan 7,5 SR telah terjadi di Papua Nugini, pada pukul 11.44 waktu setempat, Selasa 25 Mei 2015. Berdasarkan letak dan kekuatan gempa, gelombang tsunami dimungkinkan terjadi sekitar 300 kilometer dari pusat gempa” ungkap BMKG Amerika Serikat. Akibat gempa ini, Mckee yang merupakan Asisten Direktur Observasi Geofisika Port Moresby menyebutkan, belum diketahui adanya kerusakan atau koran jiwa.

Seperti yang dilansir koran the Guardian, Selasa (05/05/2015), “Gempa terjadi di lepas pantai, dan jauh dari pemukiman padat penduduk,” ungkapnya. “Kita sudah mengirim pesan kepada penduduk setempat untuk pencegahan akibat potensi tsunami yang ada,” tambahnya.

Seperti yang diketahui, pusat gempa yang melanda Papua Nugini berada pada titik yang sama dengan gempa yang terjadi pekan lalu. Papua Nugini terletak pada daerah ‘Cincin Api’, daerah di mana terdapat titik lempeng bumi yang bersinggungan di sekitar Samudera Pasifik.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok