Kini Bisnis Umat Islam Berlabel Halal Sudah Menjamur di Amerika Serikat

Kini Bisnis Umat Islam Berlabel Halal Sudah Menjamur di Amerika Serikat

HarianDepok.com – Bisnis , Di Amerika Serikat, bisnis umat Islam dengan menjual produk berlabel halal kini sudah mulai menjamur. Pebisnis Islam merambah bergam jenis usaha dengan membuka sejumlah toko atau restoran cepat saji. Menurut Imam Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation AS menyebutkan, Sejak tahun 2001 atau usai tragedi serangan teroris 11 September 2001 silam, bisnis umat Islam pun mulai ramai di Amerika Serikat.

Selain terjadi di wilayah yang ditempati banyak masyarakat Islam, peningkatan bisnis umat Islam juga terjadi kota besar seperti New York. Seperti yang dikatakan Imam Shamsi Ali beberapa waktu lalu, “Bisnis orang Islam di Amerika telah berkembang dengan pesat, beberapa restoran yang ada di Amerika milik orang muslim asal Indonesia. Contoh di New York, restoran berlabebl halal sudah ada di mana-mana, jadi perkembangan bisnis muslim di Amerika sangat luar biasa. Saya rasa sejak 11 September 2001 lalu,”

Imam Shamsi Ali menuturkan, tragedi meledaknya gedung WTC pada 2001 silam membawa dampak positif terhadap umat muslim asal Indonesia, khususnya pebisnis. Karena umat muslim asal Indonesia dikenal dengan orang yang tidak sombong dan rendah hati. Dengan melihat kejadian tersebut, Imam melihat hal itu berhasil membuka mata warga Amerika bahwa tidak semua muslim membawa dampak negatif ke negaranya, khususnya muslim dari Indonesia.

Ia menjelaskan, “Indonesia merupakan negara muslim terbesar ketiga di dunia, warga Indonesia terkenal dengan orang yang tidak sombong, baik, dan tidak tinggi hati apalagi menjalani bisnis, sehingga membuat daya tarik warga AS,”. Menurut dia, peminat muslim untuk mencoba bisnis berbentuk restoran sangat ramai apalagi ketika bulan Ramadan, pemilik restoran kewalahan diserbu pelanggan.

Oleh sebab itu, pihaknya merencanakan untuk menyusun misi perdagangan luar negeri untuk membantu para pengusaha muslim Indonesia mencari kesempatan berbisnis di Amerika. “Maka dari itu kami membawa pebisnis muslim di Indonesia ke Amerika, ini merupakan kesempatan bagi warga Indonesia untuk mencoba usaha di sana,” ungkapnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: