Pilkada Depok Butuh Dana Anggaran Sebesar Rp49,2 miliar

Pilkada Depok Butuh Dana Anggaran Sebesar Rp49,2 miliar

HarianDepok.com – Berita , Untuk menyelenggarakan pilkada secara serentak pada Desember 2015 mendatang, dana APBD sebesar Rp37,8 miliar telah dialokasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok. Dalam satu putaran pesta demokrasi di Depok, diperkirakan Estimasi anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp49,2 miliar. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat angkat bicara mengenai hal tersebut dan berencana akan memanggil KPU Depok untuk mempertanyakan rincian-

pembengkakan anggaran Pilkada Depok tersebut. Malah sempat beredar kabar jika dana aspirasi anggota DPRD Depok bakal dipakai untuk menutupi kekurangan dana Pilkada Depok. Seperti yang dijelaskan Wakil Ketua Komisi A DPRD Depok, Hamzah di Gedung DPRD Depok, Senin (04/05/2015) “Kan isunya begitu. Makanya, kami akan panggil KPU-nya untuk dijelaskan. Belum tentu juga dana aspirasi dewan terpakai,”

Ia menuturkan, kekurangan anggaran untuk Pilkada Depok sebanyak Rp11,3 miliar dan Pemkot Depok sudah mengalokasikan dana APBD sebesar Rp37,8 miliar. Adapun estimasi anggaran untuk satu putaran Pilkada Depok mencapai Rp49,2 miliar. “Yang sudah dicairkan sebesar Rp37,8 miliar dari APBD, sementara dana yang dibutuhkan untuk pilkada serentak di Depok sebesar Rp49,2 miliar. Artinya, masih dibutuhkan dana sekitar Rp11,3 miliar,” tuturnya.

Maka dari itu, DPRD Depok akan kembali melihat anggaran yang dicairkan Pemkot Depok, apakah sudah cukup untuk satu putaran. Malah anggaran tersebut dinilai belum cukup jika nantinya Pilkada Depok akan digelar dua putaran. “Kita akan pertanyakan dan berdialog dengan KPU. Untuk menanyakan pertanggungjawabannya nanti seperti apa,” ungkapnya.

Hamzah menuturkan, paling besar anggaran Pilkada Depok yaitu untuk honor petugas KPPS, PPS, dan PPK. Anggaran juga diprediksi akan semakin membengkak untuk logistik pemilu, mendirikan tenda, dan sebanyak 3.000 tempat pemungutan suara (TPS) di Depok. “Akan terdapat 3.000 lebih TPS yang akan dipersiapkan di Pilkada Depok. Belum lagi honor petugas pemilu yang paling besar biayanya,” pungkasnya.

[ MuhammadKhotib/HD }

Tags: