Yamaha GT Eagle Eye Special Edition, Skutik ‘Anti Maling’ Pertama di Indonesia

Yamaha GT Eagle Eye Special Edition, Skutik 'Anti Maling' Pertama di Indonesia

foto : Liputan6.com

HarianDepok.com – Otomotif – Motor , Skutik pertama dengan fitur anti maling milik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi diluncurkan, skutik tersebut adalah new GT Eagle Eye Special Edition. Lewat model ini, pabrikan asal Negeri Sakura itu berharap bisa memberikan solusi terhadap kendaraan roda dua yang aman. Seperti yang dikatakan Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran PT YIMM, di Media Clinic Motor Anti Maling di Kantor Pusat YIMM, Pulo Gadung, Jakarta, Senin (04/05/2015),

“Dengan kondisi sekarang yang makin rawan kejahatan, maka Yamaha menciptakan fitur Autosafe atau anti maling ini untuk meningkatkan keamanan motor sekaligus pengendaranya,” Masykur melanjutkan, selain memberikan keamanan lebih ke pengendara roda dua, fitur ini juga merupakan yang pertama kali diterapkan pada motor matik di Indonesia. Autosafe sendiri mempunyai dua komponen utama, yaitu modular dan remote control.

Untuk modular memakai voltase 12 V DC, sirene drive maksimum 2 A dan current standby 4,5 mA. Sedangkan remote control-nya, mempunyai power supply 6 V DC (2XCR2016), current consumption kurang dari 4,7 mA dengan frekuensi radio 433,92 MHz kurang lebih 50 kHz. Menurut penjelasan, Autosafe menerapkan  tiga fungsi utama, yaitu Auto Immobilizer, Auto Finder, dan Auto Alarm. Untuk Auto Immobilizer, mesin motor tidak akan Menyala sebelum menekan tombol unlock walau memakai kunci asli sekalipun.

Motor juga akan berbunyi dengan otomatis jika kunci motor dibuka dalam posisi pengaman dan kondisi aktif. Fungsi ini bekerja lewat sistem Auto Alarm yang ada pada Yamaha GT Eagle Eye Special Edition. Sementara untuk fungsi yang lain, yakni Auto Finder, memungkinkan si pengendara bisa dengan mudah menemukan motor dengan cara menekan tombol Lock selama dua detik. Lampu sein akan berkedip disertai bunyi sirine sebanyak enam kali.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok