Pengidap Bau Badan, Napas dan Urine-nya Juga Amis seperti Bau Ikan

Pengidap Bau Badan, Napas dan Urine-nya Juga Amis seperti Bau Ikan

HarianDepok.com – Kesehatan , Pernahkah Anda berdekatan dengan orang yang memiliki bau badan yang sangat menyengat bahkan bau amis seperti ikan? Kondisi semacam itu biasa disebut dengan Trimethylaminuria (sindrom bau ikan). Penderita trimethylaminuria selain keringatnya yang berbau, namun napas dan urinenya juga menjadi bau amis seperti ikan. Bau badan pada umumnya timbul disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

Trimethylaminuria atau sindrom bau ikan terjadi akibat kelebihan protein saat menjalani diet. Namun, dapat juga disebabkan meningkatnya jumlah bakteri yang biasa menghasilkan trimetilamina di saluran pencernaan, penyakit ginjal, penyakit hati, gingivitis, dan kasus-kasus halitosis lewat darah. Untuk membedakan sindrom bau ikan dari penyebab lain dari bau badan, biasanya dokter akan melakukan tes diagnostik yang dilakukan di laboratorium khusus.

Seprti yang dikutip dari situs Medicine, Senin (04/05/2015), sindrom bau ikan merupakan penyakit genetik yang gejalanya kerap terlihat pada sejak lahir. Sindrom bau ikan ditandai dengan bau badan otensif dan bau busuk ikan, karena eksresi trimethylaminuria (TMA) dalam urine yang berlebihan, keringat, dan napas dari individu yang terkena sindrom ini.

Tidak hanya itu, sindrom bau ikan juga disebabkan oleh mutasi gen FM03. Saat FM03 tidak bekerja dengan benar atau jumlah yang dihasilkan tidak cukup, tubuh kehilangan kemampuan menghancurkan TMA dari senyawa prekursor dalam percernaan makanan menjadi trimetilamin oksida (TMAO). Untuk menangani gangguan ini belum ditemukan obat khusus. Tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kondisi sindrom bau ikan ini, berikut adalah uraiannya :

  1. Kurangi asupan protein yang mengandung kolin, karnitin, nitrogen, dan belerang
  2. Antibiotik dosis rendah untuk mengurangi jumlah bakteri dalam usus
  3. Memakai pembersih yang sedikit asam dengan pH antara 5,5 dan 6,5

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: